ADVERTISEMENT

Uenak Poll! Kuliner Jawa Timur

5 Tempat Makan Tahu Campur Paling Maknyus di Jabodetabek

Sonia Basoni - detikFood
Jumat, 25 Nov 2022 14:00 WIB
Dapoer Oemoem: Sedapnya Nasi Bakar Megono dan Tahu Campur Rumahan
Foto: detikFood
Jakarta -

Berasal dari Lamongan, Jawa Timur. Tahu campur yang enak dan autentik bisa dinikmati di beberapa tempat makan ini.

Selain Soto Lamongan, tahu campur jadi salah satu kuliner tradisional ikonik dari kota Lamongan. Tapi untuk masalah popularitas, tahu campur lebih eksis di kota Surabaya dan sekitarnya.

Karena itu makanan yang satu ini lebih sering disebut sebagai makanan tradisional Surabaya. Terlepas dari asal-usulnya, tahu campur tetap jadi makanan favorit yang terdiri dari daging sapi, tauge, mie kuning, dan tentu saja tahu goreng.

Di Jabodetabek sendiri, ada beberapa tempat makan tahu campur enak yang menarik untuk dicoba.

Baca Juga: Gurih Pedas Nampol, Keunikan Kuliner Jawa Timur yang Bikin Kangen" selengkapnya


1. Tahu Campur Fatmawati

Matoh Banget! Tahu Campur Cak Ali Buat SarapanTahu Campur Enak Foto: detikcom / Erliana Riady

Penggemar sajian tahu dengan racikan bumbu khas Jawa Timur bisa juga datang ke kedai kaki lima yang satu ini. Ragam olahan tahu di sini bikin lidah ogah berhenti mengunyah.

Meski hanya bermodalkan tenda, tapi legendaris karena sudah berjalan selama 30 tahun lebih. Dulu mangkal di depan Kantor Pos Fatmawati, Jakarta Selatan.

Ciri khas tahu tahu telor dan tahu campur jadi menu andalan di warung ini. Gurihnya petis udang bikin rasa hidangan makin nikmat. Oiya banyak orang menjadikan warung ini sebagai tujuan kuliner malam karena memang buka hingga pukul 00.00 malam.

2. Warung Arek-arek Suroboyo

Disebut sebagai salah satu warung makanan khas Surabaya terenak di Depok. Warung Arek-arek Suroboyo ini terkenal dengan menu tahu campurnya yang enak dan terjangkau.

Dengan kisaran harga Rp 20.000 saja per porsinya, sudah bisa makan tahu campur yang enak, dengan bumbu yang medok gurih.

Bahkan menurut beberapa pelanggan setianya, rasa tahu campur di sini, mirip dengan tahu campur yang biasa mereka temukan di Surabaya. Selain tahu campur di sini juga jual rujak cingur, tahu tek, gado-gado siram, rawon hingga petis.

3. Tahu Campur Ojo Lali

Tahu Campur Pak Sadak SurabayaTahu Campur Foto: Rachman

Melipir ke arah Serpong Utara, ada kedai makanan kaki lima Tahu Campur Ojo Lali yang disebut punya tahu campur terenak di Tangerang. Tempat makan ini terkenal sejak dulu menyajikan makanan dengan harga murah dan enak.

Harga seporsi tahu campur di sini kisaran angka Rp 28.000, porsinya banyak dan dilengkapi kerupuk. Oh ya, di sini bisa tambah potongan daging koyor seharga Rp 15000 saja.

Selain menu tahu campur, tersedia menu khas Jawa Timur lainnya. Seperti tahu tek telur, ruja cingur, soto jeroan, rawon hingga soto ayam.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT