ADVERTISEMENT

Mudah Ditiru! Chef Ini Bagikan Tips Bikin Pasta Aglio Olio Halal yang Enak

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 23 Nov 2022 11:10 WIB
Mudah Ditiru! Chef Ini Bagikan Tips Bikin Pasta Aglio Olio Halal yang Enak
Foto: TikTok @kucinaitaliansg
Jakarta -

Seorang chef yang bekerja di restoran Italia halal ini membagikan tips memasak pasta aglio olio. Tidak perlu khawatir, resep yang dibagikan mudah ditiru.

Memasak bisa menjadi hal yang menyenangkan. Meskipun tidak punya banyak kemampuan, namun jika sering dilakukan lama kelamaan akan menghasilkan hidangan yang lezat. Hal itulah yang sebenarnya diinginkan oleh chef profesional ini untuk membantu para chef rumahan.

Mereka yang mau masak di rumah tidak perlu repot-repot mengeluarkan uang lebih untuk mengambil kelas memasak professional. Karena chef ini akan membagikan tips dan trik untuk menghasilkan hidangan Italia yang punya rasa bintang lima.

Chef Gero merupakan chef yang bekerja di restoran halal italia yang terletak di Tanjong Katong, Singapura. Melansir Asia One (18/11), chef muslim asal Italia ini mengunggah sebuah video melalui akun TikTok nya @kucinaitaliansg dengan membeberkan beberapa resep rahasia di balik hidangan aglio olionya yang populer.

Chef Gero punya keunikan tersendiri dalam membuat hidangan pasta Aglio Olio ini. Mengikuti gaya selatan Italia, chef profesional itu akan menambahkan beberapa bahan seperti tomat ceri, cabai kering, dan ikan anchovy (teri) sebagai pelengkap rasa.

Hal yang membuatnya unik, ia menambahkan bawang putih. Tak hanya 1 hingga 3 siung saja, tapi satu bonggol bawang putih yang terdiri dari 5 siung.

Dalam klip video detik ke 25, chef Gero mulai memberikan cara untuk membuat pasta lezatnya. Diawali dengan mengupas kulit bawang lalu dilanjutkan memberi tips dalam mencari bawang putih yang bagus.

Mudah Ditiru! Chef Ini Bagikan Tips Bikin Pasta Aglio Olio Halal yang EnakChef Gero sekaligus membagikan tips and trik dalam memilih bawang putih yang segar. Foto: TikTok @kucinaitaliansg

Chef Gero mengatakan, "Kamu bisa mengupas bawang dari arah sini. Kulitnya bisa sangat menempel dengan bawang putihnya. Itu tandanya bawang putihnya masih segar. Namun jika kulitnya sudah mulai mengelupas, tandanya bawang itu sudah lama."

Setelahnya, bawang itu pun digeprek hingga menjadi gepeng lalu dimasak bersama dengan sedikit minyak zaitun dan api yang kecil. Bawang putih bisa dimasak secara perlahan selama sekitar 5 hingga 8 menit.

Chef Gero menyarankan untuk menggunakan api kecil saat memasak bawang putih. Ini karena, api yang besar justru akan membuat bawang putih tidak matang merata hingga ke dalam. Jika bawang putih dalamnya masih mentah, maka Inilah yang menyebabkan mulut seseorang bau bawang putih.

Saat bawang putih sudah siap, iris dan tambahkan cabai ke dalam wajan. Barulah masukkan satu sendok makan ikan anchovy. Untuk memberikan sedikit tendangan rasa, tambahkan cabai sebelum memasukkan kaldu sayuran ataupun air rebusan pasta.

Selanjutnya masukkan tomat ceri yang sudah disiapkan dan naikkan api ke suhu yang lebih tinggi untuk memasak saus aglio olionya. Jika pasta terlihat sudah berkilau, mulailah iris daun parsley untuk dijadikan hiasan.

Teruslah memasak hingga saus aglio olio juga menjadi berkilau dan wangi. Jika sudah matang semua, letakkan pasta di atas piring saji dan hiasi dengan tambahan parsley yang sudah diiris. Pasta pun siap disantap.

Mudah Ditiru! Chef Ini Bagikan Tips Bikin Pasta Aglio Olio Halal yang EnakSemua proses pembuatannya sangat mudah untuk dilakukan. Terakhir, tunggu pasta sampai mengkilap. Foto: TikTok @kucinaitaliansg

Ternyata dalam membuat pasta yang sempurna, hal yang perlu diperhatikan bukan hanya soal teknik memasak dan takaran bahan yang pas. Namun alat yang digunakan juga memerankan peran penting dalam mengubah rasa pada makanan.

Chef Gero menyarankan untuk menggunakan wajan yang lebih kecil untuk memasak pasta. Ini dipilih agar semua bahanya bisa dimasak hingga matang sempurna."Wajan yang lebih kecil akan membantu mengkonsentrasikan minyak daripada tersebar di seluruh wajan," ucapnya.

Hasilnya, bahan-bahan itu akan terendam dalam minyak dan matang secara merata. Sementara untuk bahan seperti kaldu, jika memang tidak punya kaldu sayuran atau kaldu apapun, kamu bisa dengan mudah menggantinya dengan air rebusan pasta saja.



Simak Video "Gordon Ramsay Dihujat soal Aksinya Pilih Domba untuk Disembelih"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT