ADVERTISEMENT

Mantan Bos Restoran Bangkrut, Sukses Jualan Sosis Kaki Lima Buat Bayar Utang

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 22 Nov 2022 13:00 WIB
Mantan bos restoran banting stir jualan sosis panggang kaki lima
Foto: Weibo
Jakarta -

Dulunya, mantan pemilik gerai restoran di China ini adalah jutawan. Kini ia harus banting stir menjual sosis kaki lima demi bisa membayar utang Rp 100 miliar.

Pemilik usaha kuliner tak semuanya berjalan lancar dan sukses. Banyak juga yang akhirnya merugi hingga bangkrut dan terlilit utang.

Dilansir dari Asia One (19/11), kisah ini dialami oleh seorang pria yang dulunya jutawan memiliki banyak gerai restoran di China. Tang Jian, pria berusia 52 tahun itu kini banting stir menjual makanan kaki lima.

Bukan lagi bos restoran, melainkan menjual sosis panggang kaki lima. Tang menjual sosis panggang itu di kios kaki lima yang berlokasi di kota Hangzhou, China Timur.

Baca Juga: Bukan karena Tutup, Pelanggan Sedih Dengar Kabar dari Gerai Mie Legendaris Ini

Mantan bos restoran banting stir jualan sosis panggang kaki limaMantan bos restoran banting stir jualan sosis panggang kaki lima Foto: Weibo

Banting stir ini ia lakukan untuk tetap bertanggung jawab dengan utangnya. Sebelumnya, Tang adalah pengusaha restoran yang sukses. Ia memiliki beberapa restoran dan pada usia 36 tahun memiliki kekayaan yang cukup besar.

Namun, pada tahun 2005 ia terjun ke industri rekayasa lanskap. Sejak itu peruntungannya berubah, semakin banyak yang diinvestasikan dan hasilnya malah merugi. Tang terpaksa menjual restoran, rumah, dan mobilnya, ia juga masih memiliki utang yang besar. Sejak itulah ia memiliki rencana menjual sosis panggang.

Tang menjelaskan kalau sosis yang ia tawarkan sangat enak. Isian sosisnya benar-benar terdiri dari daging. "Setiap sosis yang ditawarkan benar-benar diisi dengan daging, tidak ada pati di dalamnya. Jika dibandingkan dengan yang dijual di taman hiburan atau pasar, sosis ini akan membuatmu merasa lebih aman," katanya.

Baca Juga: Minta Tolong Edit Foto Warung Agar Terlihat Ramai, Ini yang Didapat Pemiliknya

Mantan bos restoran banting stir jualan sosis panggang kaki limasosis panggang yang dijual Tang demi bisa melunasi utangnya. Foto: Weibo

Kisah Tang ini menyita perhatian banyak orang. Banyak orang yang meninggalkan komentar kalau Tang adalah sosok yang sangat bekerja keras dan tak malu banting stir menjual sosis panggang di warung sederhana.

"Kita harus terus belajar menghadapi kesulitan dengan tenang dan melengkap maju berani. Kita dilahirkan tanpa memiliki apapun. Mengapa harus takut memulai dari awal lagi?" ujar Tang.

Utang yang dimiliki Tang sangat besar jumlahnya. Diketahui kalau Tang harus membayar sekitar S$8,9 juta atau sekitar Rp 100 miliar.

Baca Juga: 5 Fakta Warung Sate Babi Ah Pui yang Laris dan Kini Terpaksa Tutup



Simak Video "Mencicipi Hidangan Restoran Kanton Peranakan Tertua di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT