Tenggak 12 Minuman Energi dalam Waktu Cepat, Pankreas Pria Ini Bocor

ADVERTISEMENT

Tenggak 12 Minuman Energi dalam Waktu Cepat, Pankreas Pria Ini Bocor

Atiqa Rana - detikFood
Senin, 21 Nov 2022 10:30 WIB
Tenggak 12 Minuman Energi dalam Waktu Cepat, Pankreas Pria Ini Bocor
Foto: YouTube / Chubbyemu
Jakarta -

Seorang pria mencoba untuk menaklukkan tantangan berbahaya dengan minum 12 minuman berenergi dalam waktu cepat. Bukannya berhasil, pria ini pankreasnya malah bocor!

Banyak tantangan makan dan minum ekstrem yang rela dilakukan oleh sebagian orang demi bisa mendapat imbalan hadiah yang melimpah, berupa materi maupun pujian hebat dari orang lain.

Namun tampaknya, orang-orang yang melakukan hal tersebut tidak memikirkan risiko bahaya yang akan mereka dapat. Contohnya pria ini yang sengaja menantang dirinya minum minuman berbahaya.

Seorang gamers diketahui memang suka melakukan hal-hal yang cukup liar di sela sesi permainannya. Terbaru, pria 36 tahun itu mencoba untuk minum sejumlah minuman berenergi dalam waktu cepat, lapor timesnownews.com (17/11).

Pria tersebut benar-benar melakukannya dengan menenggak 12 minuman berenergi. Waktu yang dibutuhkan olehnya untuk menghabisi minuman adalah 10 menit. Meskipun niat awal hanya ingin mengesankan rekan-rekannya, tetapi efeknya justru membahayakan kondisi kesehatannya.

Pria tersebut segera menyadari bahwa pankreasnya mulai mencerna dirinya sendiri karena ia telah mengonsumsi minuman berenergi yang punya kadar gula tinggi, kafein tinggi, bahkan ada bahan kimia.

Dalam akun YouTube channel milik ChubbyEmu, kasus minuman berenergi ini kemudian dibahas kembali. Dr Bernard Hsu, apoteker klinis di balik ChubbyEmu pun mengungkap pria berinisial JS itu memang bekerja keras untuk melakukan tantangan ini agar bisa mengesankan rekan-rekannya.

Tenggak 12 Minuman Energi dalam Waktu Cepat, Pankreas Pria Ini BocorSetelah minum 12 kaleng minuman berenergi, pria ini langsung merasakan kesakitan pada perutnya. Foto: YouTube / Chubbyemu

Namun setelahnya, ia mulai merasa ada perubahan dalam tubuhnya. Dr Bernard Hsu pun mengungkap, "Setelah menghabiskan 12 minuman berenergi, JS merasa tidak baik. Untuk menghilangkan rasa tersebut, ia pun mencoba bermain game," ucapnya.

Segera setelah menghabiskan kaleng terakhir, JS mulai mengalami kondisi perut sakit hingga sakit punggung yang sangat tajam. Sementara, untuk mengalihkan perhatiannya, ia kembali bermain game. Namun akhirnya, ia muntah di wastafel.

Sebelum mendapatkan pertolongan medis, kondisi JS diperburuk karena ia tidak dapat makan atau minum apapun selama sehari. Ketika sudah melakukan pemeriksaan medis, JS didiagnosis menderita hiperglikemia yaitu kondisi yang disebabkan kadar gula darah tinggi.

Sayangnya, diagnosis ini bukan satu-satunya bagi JS, mengingat minuman berenergi memiliki banyak dampak negatif bagi kesehatan.

Akhirnya pria ini didiagnosis dengan penyakit hyperlipasemia, kondisi yang disebabkan terlalu banyak lemak dalam darah. Dengan kata lain, pankreasnya mengalami kebocoran. Keadaan semakin memburuk karena hati dan ginjal JS pun mulai rusak, ia juga mengalami infeksi darah.

Tenggak 12 Minuman Energi dalam Waktu Cepat, Pankreas Pria Ini BocorDr Bernard menjelaskan kondisi pria tersebut dalam channel YouTube-nya. Foto: YouTube / Chubbyemu

Karena hal tersebut, Dr Bernard kemudian memperingati bahaya dari minuman berenergi kepada banyak orang. Menurutnya, tidak akan menjadi masalah besar jika seseorang minum minuman energi hanya sekali. Namun, beda kasus jika kondisinya seperti yang dialami oleh JS.

"Jika Anda mulai menenggak sejumlah kaleng, maka banyak hal buruk yang akan terjadi," pungkas Dr Bernard.



Simak Video "Bikin Laper: Jalan-jalan ke Thailand, Nikmati Kuliner Malam"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT