Ini Bedanya Kopi Thailand Vs Vietnam, Mana yang Enak?

ADVERTISEMENT

Ini Bedanya Kopi Thailand Vs Vietnam, Mana yang Enak?

Yenny Mustika Sari - detikFood
Jumat, 18 Nov 2022 08:00 WIB
Racikan Kopi Thailand Vs Vietnam
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Jenis racikan kopi di dunia sangat beragam. Ada racikan kopi khas Thailand dan Vietnam yang digemari banyak orang. Apakah beda kedua jenis kopi ini?

Kopi merupakan minuman yang sangat populer dan banyak penggemarnya. Setiap negara memiliki racikan kopi yang berbeda-beda. Tak terkecuali antara racikan kopi khas Thailand dan Vietnam.

Dilansir dari Dial Up The Coffee (17/11), tampilan dari racikan kopi khas Thailand dan Vietnam sekilas tampak sama. Keduannya terbuat dari racikan kopi dark roast yang rasanya kuat. Racikan kopi ini juga memiliki perbedaan, apa saja?

Baca Juga: Sama-sama Kopi Hitam, Apa Bedanya Americano, Long Black, dan Kopi Tubruk?

Racikan Kopi ala Thailand

Racikan Kopi Thailand Vs VietnamRacikan Kopi Thailand Foto: Getty Images/iStockphoto

Kopi ala Thailand kerap disebut 'Oliang' yang memiliki arti es kopi hitam. Racikan kopi yang dinikmati dingin ini terbuat dari biji kopi dark roast yang cita rasanya kuat dan nendang. Penikmat kopi sangat menyukai cita rasa seperti ini.

Dalam resep tradisional es kopi Thailand, biasanya hanya menyajikan kopi hitam dengan tambahan gula untuk memberi rasa minuman. Sedangkan untuk resep yang modern, ditambahkan susu kental manis ke dalam racikan kopi. Cita rasa kopi jadi lebih manis dan warnanya juga berubah.

Tak hanya dicampurkan susu kental manis saja, tapi juga ditambahkan rempah-rempah. Umumnya menggunakan kapulaga yang diseduh bersamaan dengan kopi bubuk.

Bahan lain yang kerap ditambahkan dalam meracik kopi khas Thailand ada biji wijen, kacang kedelai, hingga jagung. Campuran ini membuat cita rasanya menyatu dan unik.

Saat meracik kopi hitam ala Thailand juga kerap menggunakan filter yang disebut tungdtom. Filter ini pada dasarnya adalah kain katun yang dipasang pada pegangan logam.

Racikan kopi dan rempah-rempah ini dimasukkan ke dalam filter dan diseduh, kemudian kopi akan mulai menetes ke dalam cangkir. Proses meracik kopi ini akan memakan waktu sekitar 5 menit.

Baca Juga: Agar Tak Salah Beli, Kenali Perbedaan 4 Jenis Biji Kopi Ini



Simak Video "Sejarah Kebun Kopi Tertua di Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT