Kesalahan Masak Pasta Ini Jangan Diulangi Agar Pasta Tak Lonyot

ADVERTISEMENT

Kesalahan Masak Pasta Ini Jangan Diulangi Agar Pasta Tak Lonyot

Yenny Mustika Sari - detikFood
Rabu, 16 Nov 2022 13:00 WIB
Kesalahan masak pasta yang sering dilakukan
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Pasta yang enak bertekstur al dente, Lembut di luar tetapi renyah di tengah. Namun, kesalahan yang sering dilakukan adalah memasak pasta terlalu matang.

Pasta adalah makanan khas Italia yang memiliki beragam jenis bentuk, ada spaghetti, penne, makaroni, dan lainnya. Makanan ini dapat diolah dengan beragam resep, seperti dimasak dengan saus bolognese, carbonara, hingga minyak zaitun dengan resep aglio olio.

Kalau ingin menyantap pasta yang enak, kamu harus memerhatikan teksturnya. Pastikan teksturnya al dente yaitu empuk, namun agak kenyal yang berarti tidak terlalu lembek dan keras.

Baca Juga: Alat Masak Antilengket Bisa Bahayakan Kesehatan, Ini Cara Benar Pemakaiannya

Dilansir dari The Sun (12/11), banyak orang sering salah ketika memasak pasta. Kesalahan yang banyak dilakukan adalah memasaknya terlalu lama, alhasil kematangan dan teksturnya jadi lembek. Hal yang sama juga diungkapkan oleh chef selebriti Aldo Zili.

"Banyak restoran yang memasak pasta terlebih dahulu, lalu menyajikannya terlalu matang," ujar Aldo Zili.

Namun, ada cara memasak pasta yang tepat agar hasilnya lezat dan tidak kematangan. Berikut yang direkomendasikan oleh chef Aldo Zili:

Baca Juga: Pesan Tumis Sayuran, Netizen Ini Kaget Disuruh Bayar Rp 815 Ribu

1. Masak di dalam saus pasta

Kesalahan masak pasta yang sering dilakukanKesalahan masak pasta yang sering dilakukan Foto: Getty Images/iStockphoto

Jangan terlalu lama dalam merebus pasta, Aldo Zili merekomendasikan hanya membutuhkan waktu 2 menit saja. Setelah itu langsung masukkan pasta ke dalam racikan saus.

"Jika membuat pasta, rebus selama 2 menit, lalu tambahkan ke dalam saus yang berair dan masak. Cara ini juga membuat pasta memiliki kesempatan untuk menyerap saus," ujar Aldo Zili.

2. Jalan bilas pasta

Pasta yang telah direbus, sebaiknya jangan langsung dibilas dengan air dingin. Karena, hal ini akan menghilangkan zat tepung yang membantu pasta dalam mengikat saus serta rasa pasta.

Kebanyakan orang salah, justru mereka membilas pasta dengan air. Banyak orang berpikir kalau cara tersebut dapat membuat pasta tidak lengket.

3. Rebus dalam waktu singkat

Kesalahan masak pasta yang sering dilakukanKesalahan masak pasta yang sering dilakukan Foto: Getty Images/iStockphoto

Satu lagi cara menghindari pasta yang kematangan. Idealnya memasak pasta yang dikeringkan seperti spaghetti, linguine, angel hair, dan lainnya membutuhkan waktu antara 8-10 menit.

Kalau ingin masak pasta yang nantinya akan dipanggang lagi, sebaiknya jangan terlalu lama merebusnya. Cukup merebusnya beberapa menit saja, seperti 4 menit saja.

Baca Juga: Makan di Karen's Diner, 5 Orang Ini Girang Dapat Perlakuan Kasar



Simak Video "Pasta by The Park yang Hidden Gem di Jakarta Selatan"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT