5 Kelakuan Pembeli Tak Mau Rugi Saat Beli Makanan Ini Bikin Elus Dada

ADVERTISEMENT

5 Kelakuan Pembeli Tak Mau Rugi Saat Beli Makanan Ini Bikin Elus Dada

Sonia Basoni - detikFood
Sabtu, 12 Nov 2022 19:00 WIB
5 Kelakuan Pembeli Tak Mau Rugi Saat Beli Makanan Ini Bikin Elus Dada
Foto: Site News
Jakarta -

Banyak pembeli yang tak mau rugi saat beli makanan. Mulai dari hitung-hitungan, sampai minta penjual jalan kaki untuk antarkan pesanan mereka.

Semenjak berkembangnya industri makanan online, orang-orang lebih suka pesan makanan atau kue dari rumah, ketimbang ke tempatnya langsung. Tentunya ada biaya tambahan seperti ongkos kirim dan sebagainya, yang dibebankan ke pembeli.

Meski kebanyakan pembeli sudah paham dengan hal ini. Tapi banyak juga pembeli makanan yang super pelit, dan tak mau mengeluarkan uang lebih saat memesan makanan.

Bahkan beberapa perlakuan pembeli yang tak mau rugi ini sering membuat penjual elus dada.

Berikut lima kisah pembeli yang tak mau rugi saat beli makanan.

Baca Juga: Nyesek! 5 Kejadian Salah Pesan Makanan Ini Bikin Rugi Jutaan Rupiah" selengkapnya


1. Tak Mau Bayar Ongkos Kirim

5 Kelakuan Pembeli Tak Mau Rugi Saat Beli Makanan Ini Bikin Elus Dada5 Kelakuan Pembeli Tak Mau Rugi Saat Beli Makanan Ini Bikin Elus Dada Foto: Site News

Penjual kue online asal Malaysia bernama Asikin Abrani membagikan pengalamannya, saat berhadapan dengan calon pembeli yang perhitungan dan pelit. Sehari-harinya Asikin berjualan kue cheese tart online via media sosial seperti Facebook. Kemudian ada satu orang pembeli yang komplain kenapa harga ongkos kirim kue tersebut mahal.

"Saya minta maaf sebelumnya, tapi kalau dirasa biaya kirim kue saya mahal bisa cari penjual lain. Tidak perlu lah sampai hitung-hitungan seperti ini. Bukannya sombong atau bagaimana, tanpa kalian beli juga kue saya sudah laris," jelas Asikin.

Asikin juga melampirkan potongan pembicaraan dengan pembeli tersebut. Terlihat di awal bahwa pembeli itu mengirimkan file Microsoft Excel, berisi hitungan bahan-bahan kue dan total keuntungan satu kue. Tentu saja sifat tak mau rugi dari calon pembeli ini membuat banyak netizen kesal.

2. Minta Ganti Milk Tea


Berawal dari seorang netizen bernama San yang mengunggah isi percakapan salah satu pembeli dengan kakaknya. Sang kakak yang bernama Joey, sehari-harinya berjualan milk tea.

"Kakak saya sering menemukan pembeli yang menyebalkan hampir setiap harinya. Tapi pembeli yang satu ini benar-benar kelewatan. Kita semua harus belajar dari dia," ungkap San. Di dalam bukti percakapan tersebut, emak-emak ini menjelaskan bahwa kemarin putrinya membeli milk tea di tempat Joey.

"Tapi milk tea yang putri saya beli kemarin tumpah. Kenapa kalian tidak mengganti milk tea milik putri saya?" tanya pembeli tersebut.

"Saya yang ingin minum milk tea. Ketika putri saya sampai rumah dan berkata bahwa milk tea nya tumpah. Saya jadi tidak bisa minum milk tea," lanjutnya. Dengan santai Joey menjawab bahwa seharusnya putri dari pembeli ini, memesan satu gelas milk tea yang baru. Tapi justru emak-emak ini tetap memaksa dan meminta Joey mengganti milk tea yang dibelinya.

3. Minta Penjual Jalan Kaki

5 Kelakuan Pembeli Tak Mau Rugi Saat Beli Makanan Ini Bikin Elus Dada5 Kelakuan Pembeli Tak Mau Rugi Saat Beli Makanan Ini Bikin Elus Dada Foto: Site News

Seorang pemilik restoran di Setia Alam, Malaysia, bernama Khoo Jian Wei membagikan permintaan pembelinya yang tak masuk akal dan tak mau rugi. Pembeli itu awalnya bertanya berapa harga apple tart yang ia jual.

Khoo menjelaskan ke pembeli bahwa ia menjual satu tartnya di angka RM 60 (Rp 200.000). Karena ia menggunakan Granny Smith Green Apple yang mahal, dan rasanya asam. Dia juga hanya menggunakan tiga apel untuk setiap tart.

Tapi sang pembeli komplain bahwa harganya terlalu mahal, bahkan ia menuduh Khoo mengambil untuk besar-besaran. Dia bahkan menyuruh Khoo untuk jalan kaki mengantarkan pesanannya, dengan nada mengancam. Khoo sendiri hanya tertawa dan mengatakan bahwa orang-orang kadang tidak waras.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT