Netizen Bagikan Pengalaman Budget Makan Hemat Saat Gaji Masih Kecil

ADVERTISEMENT

Netizen Bagikan Pengalaman Budget Makan Hemat Saat Gaji Masih Kecil

Sonia Basoni - detikFood
Senin, 07 Nov 2022 12:30 WIB
gorengan pasuruan
Foto: Muhajir Arifin
Jakarta -

Saat masih kerja dengan gaji pas-pasan, ada banyak netizen di Twitter bagikan pengalaman mengatur budget makan mereka yang hemat.

Membicarakan Upah Minimum Regional atau UMR, memang berbeda di setiap daerah di Indonesia. Posisi pertama UMR terbesar di Indonesia masih ditempati kota Jakarta, dengan gaji sekitar Rp 4,4 juta per bulan.

Karena masalah gaji yang berbeda, membuat netizen bagikan pengalaman mereka saat memiliki gaji kecil, dan menu makanan apa yang mereka santap sehari-hari.

Dimulai dari cuitan pengguna Twitter @mpokga*** yang tinggal di daerah Ubud, Bali (06/11). Dirinya bercerita pernah bekerja sebagai petugas kebersihan di sebuah mall.

Baca Juga: Gampang Dicontek! 5 Tips Makan Sehat yang Enak dan Hemat" selengkapnya

penjual gorengan di surabayaIlustrasi gorengan murah. Foto: Esti Widiyana


"Dulu waktu kerja jadi janitor mall (tahun 2000-an), budget makan itu cuma Rp 10 ribu. Sarapan, makan siang dan makan malam. Ngakalinnya, pagi beli gorengan harganya Rp 1,5 ribu. Terus makan siang bekal nasi doang dari kos, lauknya beli ke warteg langganan cuma abis Rp 5 ribu. Malemnya beli gorengan sama Indomie goreng 2 bungkus," cuitnya.

Ia juga mengaku bahwa sering mendapatkan uang tip dari pengunjung, yang kemudian akan ia belikan dan bagikan ke karyawan dan satpam lainnya.

"Yang lagi punya kehidupan dan keuangan stabil, ada rezeki lebih bisa dibagi-bagi lah ke orang-orang macam ini. Memanusiakan manusia itu mudah dan gak butuh biaya banyak," pungkasnya.

Tak disangka, ada banyak netizen lainnya yang menceritakan pengalaman serupa. Bahkan cuitannya viral dan disukai 13,6 ribu kali.

"Salut banget! Dulu awal kerja di Bali, gaji saya cuma Rp 850 ribu. Cicilan motor Rp 400 ribu. Kok bisa bertahan hidup? Rejeki ya ada aja. Dikasih makan, ditraktir, dll," curhat @lm***.

"Pas tahun 2005, pertama masuk Jakarta, budget makanku cuma pagi minum Energen. Siang makan nasi beli di trotoar SCBD harganya Rp 5 ribu, sudah dapet nasi telur, sayur nangka, sambal, malamnya makan Indomie goreng. Begitu selama enam bulan, padahal dulu saya jadi account manager," kenang @yb***.

"Pernah di Tangerang, nemu angkringan yang nasi kucingnya masih Rp 1.000 - Rp 2.000, masakannya enak. Capcay sama mie goreng cuma Rp 3 ribu, terus sampingnya ada warteg yang boleh makan gratis setiap Jumat," sambung @eks**.

Banyak netizen yang berterima kasih karena kisah-kisah ini membuat mereka lebih bersyukur, dan menghargai makanan.

"Terima kasih kak sudah sharing tulisan ini. Ngingetin aku buat banyak bersyukur karena belakangan ini selalu melihat ke atas terus," pungkas @blu**.

Sebelumnya ada juga tips makan hemat seperti orang miskin yang viral di forum online. Salah satunya dengan menyimpan semua bahan makanan yang tersisa untuk dimasak ulang.

Baca Juga: Begini Tips Makan Hemat Seperti Orang Miskin" selengkapnya



Simak Video "Mesti Coba! Uniknya Rasa Gorengan Buah di Jakarta Pusat"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT