ADVERTISEMENT

Gampang Dicontek! 5 Tips Makan Sehat yang Enak dan Hemat

Diah Afrilian - detikFood
Minggu, 10 Jul 2022 15:00 WIB
Happy Couple Buying Food In Supermarket, Choosing Products Standing With Trolley Cart Along Aisles And Full Shelves Purchasing Groceries Essentials Together. Smiling Spouses Holding Jar Of Sause
Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio
Jakarta -

Banyak orang masih ragu menerapkan pola makan sehat karena dianggap lebih mahal. Ternyata untuk menyiasatinya kamu bisa melakukan lima tips mudah ini.

Pola makan sehat kini banyak digemari seiring dengan meningkatnya kesadaran banyak orang untuk hidup sehat serta didukung oleh tren diet sehat yang gencar dipromosikan. Tetapi diet sehat di Indonesia sendiri masih identik dengan makanan mahal.

Makanan organik, makanan rendah kalori yang diimpor, atau bahan makanan sehat yang sulit dicari menjadi kendala terbesar. Ternyata untuk menerapkan diet sehat tidak harus menggunakan bahan-bahan yang sulit didapat dan mahal harganya.

Beberapa pakar kesehatan menyebutkan bahwa diet sehat juga bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan hemat. Tak perlu membuat pengeluaran membengkak, ada tips mudah yang bisa dilakukan di rumah.

Berikut ini 5 tips mudah menerapkan diet sehat dan tetap hemat menurut Dailycal (7/7):

Happy Couple Buying Food In Supermarket, Choosing Products Standing With Trolley Cart Along Aisles And Full Shelves Purchasing Groceries Essentials Together. Smiling Spouses Holding Jar Of SauseNutrisi yang tak jauh berbeda dan daya simpannya yang lebih lama membuat makanan beku bisa menjadi alternatif makanan sehat yang lebih murah. Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

1. Mengandalkan makanan beku

Kualitas makanan segar yang dinilai tertinggi membuatnya akan dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Tetapi tidak sedikit juga produk makanan beku yang masih terjaga kandungan gizinya.

Seringkali makanan segar juga akan lebih mudah rusak terlebih ketika penanganannya kurang baik. Untuk mengatasi beberapa permasalahan tersebut, tidak ada salahnya untuk mencoba membeli makanan beku.

Misalnya sayuran hijau, kacang polong, kacang-kacangan hingga umbi-umbian. Banyak pakar kesehatan yang menyatakan bahwa makanan-makanan beku seperti ini nutrisinya tidak jauh berbeda dengan makanan segar seperti biasa.

2. Memaksimalkan beras dan kacang-kacangan

Beras dan kacang-kacangan termasuk bahan makanan yang bisa dibeli dengan harga murah dan kuantitasnya banyak. Perpaduan nasi yang terbuat dari beras dengan kacang-kacangan juga disebut sudah cukup sehat untuk membantu memenuhi nutrisi tubuh.

Di Indonesia sendiri kedua bahan ini bisa ditemukan dengan mudah dan akan selalu tersedia di pasaran. Perpaduan protein nabati dan serat dengan karbohidrat dari nasi dinilai menjadi hidangan yang paling murah untuk memulai hidup sehat.

Perpaduan nasi dan kacang-kacangan tidak kalah enak dengan nasi yang dilengkapi dengan lauk pauk lainnya. Bahkan jika menyantap nasi dan kacang-kacangan kalori dan lemak yang masuk ke dalam tubuh akan lebih sedikit.

Baca juga:

Tips diet sehat dan tetap hemat lainnya bisa dilihat pada halaman berikutnya.



Simak Video "Modal Rp 25 Ribu Bisa Kenyang Makan Ayam-Lele di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT