Kisah Sukses Pria Tinggalkan Jabatan Tinggi Demi Jualan Sambal Bakar

ADVERTISEMENT

Kisah Sukses Pria Tinggalkan Jabatan Tinggi Demi Jualan Sambal Bakar

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 02 Nov 2022 19:00 WIB
Richard Theodore
Foto: Instagram @callmerichs
Jakarta -

Tinggalkan jabatan tinggi di kantor, pemuda ini berhasil membuktikan bisa sukses dengan berjualan sambal bakar dan makanan sehat. Bahkan kini punya banyak cabang.

Adalah Richard Theodore seorang pria berusia 28 yang berhasil sukses dengan berbisnis kuliner. Sebelum terjun ke bisnis kuliner, Richard merupakan pekerja kantoran dengan jabatan tinggi.

Namun, pria yang akrab disapa Rich ini memilih meninggalkan jabatan tersebut demi menjalani bisnis kuliner. Ia membuka usaha makanan sehat dan sambal bakar.

Kepada detikcom (01/11/22) Rich mengatakan bahwa keputusannya tersebut sempat membuat orangtuanya marah. Bahkan orangtuanya meminta Rich untuk kembali bekerja di kantor.

Baca Juga: Keren! Ini Kisah Sukses Pejuang Diet Turunkan BB dengan Pola Makan Tepat

Richard TheodoreRichard Theodore seorang pria berusia 28 yang berhasil sukses dengan berbisnis kuliner. Foto: Instagram @callmerichs

"Orangtua saya marah, mereka meminta untuk bekerja di kantor saja supaya mendapat gaji yang ideal tanpa harus ada risiko apapun dari bisnis kuliner," tuturnya.

Rupanya ia terinspirasi dari sang ayah yang merupakan mantan karyawan kantoran kemudian beralih menjadi pengusaha dengan berjualan ayam bakar.

Saat memulai bisnis kuliner pun tak semudah yang dibayangkan. Rich sempat berganti-ganti usaha mulai dari jualan es krim, bubur dan sambal. Ia juga sempat mengalami kegagalan saat berbisnis kuliner.

Kegagalan itu berawal ketika ia ditipu oleh sebuah investor hingga mengalami kerugian senilai ratusan juta. Namun, Rich tak menyerah, ia kemudian membuka usaha makanan sehat.

Bisnis makanan sehatnya tersebut diberi nama Summer Minibar yang kini sudah memiliki 80 cabang. Tak hanya itu, ia juga memiliki bisnis kuliner lainnya bernama Sambal Bakar Indonesia.

Baca Juga: Belajar dari YouTube, Pria Ini Sukses Jualan Churros Beromzet Rp 3 Juta

Sambal Bakar Indonesia: Huaah! Sengatan Pedas Sambal Barra Racikan TikToker yang ViralSambal Bakar Indonesia: Huaah! Sengatan Pedas Sambal Barra Racikan TikToker yang Viral Foto: Detikfood

Sambal Bakar Indonesia tersebut berlokasi di kawasan Tangerang. Ia menawarkan berbagai lauk yang disajikan dengan sambal yang dibakar di atas cobek.

Mulai dari ayam, udang, cumi asin, ati ampela, kulit, ceker, babat dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan terbilang terjangkau, kisaran Rp 15.000 hingga Rp 36.000 per porsi.

Dari bisnis kulinernya tersebut, Rich bisa mempekerjakan 400 karyawan. Menurutnya, berbisnis kuliner bukan soal untung dan rugi. Ada hal besar yang ia rasakan selama menjalani bisnis kuliner.

"Ada kebahagiaan sendiri saat menjalani bisnis kuliner. Menjadi pengusaha rasanya happy, saat melihat orang lain memiliki kehidupan yang jauh lebih baik ketika bekerja dengan saya," tuturnya.

Rich bahkan mengajak generasi muda Indonesia untuk tidak takut mencoba. Naik turun dalam berbisnis adalah hal yang wajar, yang perlu dilakukan adalah kembali bangkit dan konsisten.

Baca Juga: Kisah Sukses Pria Tampan Penjual Gorengan Beromzet Ratusan Juta Per Bulan



Simak Video "Kisah Sukses Pengrajin Miniatur Kapal Pinisi"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT