Keren! Wanita Ini Bikin Seafood Plant-Based untuk Isian Sushi

ADVERTISEMENT

Keren! Wanita Ini Bikin Seafood Plant-Based untuk Isian Sushi

Yenny Mustika Sari - detikFood
Rabu, 02 Nov 2022 13:00 WIB
Sosok kreator sushi ikan plant-based
Foto: Trevor Paul Photography
Jakarta -

Berawal dari rasa mual menikmati ikan, wanita 32 tahun ini membuat sendiri seafood plant-based atau nabati. Seafood nabati itu digunakan untuk isian sushi.

Sushi biasanya menggunakan ikan mentah atau seafood lainnya yang segar. Kerap dijadikan topping maupun isian sushi gulung. Jenis seafood yang biasa digunakan adalah salmon, tuna, dan lainnya.

Dunia kuliner semakin berkembang membuat kreasi sushi kian menarik. Bagi mereka yang vegan, kini ada alternatif sushi yang terbuat dari ikan atau seafood plant-based.

Dilansir dari Insider (28/10), seorang wanita bernama Zoya Biglary (32) yang tinggal di Los Angeles, Amerika Serikat adalah sosok di balik sushi plant-based bernama Fysh.

Baca Juga: Ini Perbedaan Indomie di Indonesia dan di Taiwan

Sosok kreator sushi ikan plant-basedSosok kreator sushi ikan plant-based Foto: Trevor Paul Photography

Biglary menjelaskan kalau sebenarnya ia adalah seorang penggemar sushi sejak berusia 18 tahun. Sushi membuatnya ketagihan sejak saat itu. Namun, suatu hari Biglary menyantap sushi dan justru membuatnya mual.

Diketahui kalau Biglary tidak pernah didiagnosis alergi. Namun, ia merasakan ada sesuatu yang aneh pada tubuhnya dan akhirnya memutuskan untuk membuat alternatif ikan mentah nabati.

Sebelum membuat ikan mentah nabati sendiri, Biglary hanya menikmati hidangan yang tidak memiliki campuran ikan maupun daging. Ia sering bosan makan roti dengan alpukat. Lalu, saat mencoba ikan mentah vegan di pasaran, tak membuat Biglary terkesan.

Baca Juga: Sedih! Nasi Uduk Kota Intan yang Legendaris Disabotase dan Diusir Paksa

"Ikan mentah vegan itu terlihat sangat keren digambar. Garis-garis di bagian daging salmon tampak nyata, saya berpikir kalau itu menakjubkan. Tapi nyatanya itu hanya seperti balok gel," ujar Biglary.

Sosok kreator sushi ikan plant-basedSosok kreator sushi ikan plant-based Foto: Trevor Paul Photography

Kemudian, Biglary mencoba membuat ikan mentah nabati sendiri. Awal pengembangan Fysh, Biglary tentu saja mengalami beragam rintangan. Salah satunya, rasa dari produk ikan mentah itu tidak enak.

Biglary juga bekerja sama dengan chef selebriti Paul Barbosa. Mereka menciptakan ikan mentah nabati yang rasanya enak dengan tekstur yang pas. Produk Fysh ini dibuat menggunakan sayuran bubuk dan bahan pengikat seperti tapioka yang dicampur dengan ganggang laut.

Sosok kreator sushi ikan plant-basedSosok kreator sushi ikan plant-based Foto: Trevor Paul Photography

Tak ketinggalan juga menambahkan asam lemak omega-3 yang berasa dari minyak biji rami. Produk Fysh juga mengandung iron, protein, serat, vitamin B12, dan vitamin C.

Selain sushi, Fys menawarkan produk salad fish plant-based. Ada juga roti yang ditambahkan topping salmon plant-based.

Baca Juga: Sekilas Sama, Ternyata Vegan, Vegetarian, dan Plant-Based Punya Perbedaan Ini



Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT