Kenali Istilah Babi dan Alkohol dalam Makanan di Taiwan

ADVERTISEMENT

Kenali Istilah Babi dan Alkohol dalam Makanan di Taiwan

Riska Fitria - detikFood
Minggu, 30 Okt 2022 16:30 WIB
Istilah babi dan alkohol pada makanan di Taiwan
Contoh produk makanan berbahan sayuran di Taiwan. Foto: FX Edo
Jakarta -

Kuliner di Taiwan banyak yang mengandung babi, baik menggunakan daging, lemak, minyak hingga gelatin. Karenanya kenali istilah babi pada kuliner di Taiwan.

Meskipun kuliner di Taiwan banyak yang mengandung babi, tetapi mudah bagi teman-teman muslim untuk membeli makanan di sana. Hal ini dijelaskan oleh kreator konten FX Edo.

Selain menggunakan kartu halal, teman-teman muslim juga bisa mengenali istilah kandungan babi pada makanan dalam bahasa Mandarin yang banyak digunakan di Taiwan.

Jadi, kamu bisa mengecek istilah tersebut pada restoran atau komposisi makanan yang ada pada kemasan. Berikut istilah babi dalam kuliner di Taiwan:

Baca Juga: Heboh Ramen Instan Babi Berlogo Halal, Ini Faktanya!

Istilah babi dan alkohol pada makanan di TaiwanSpaghetti di Seven Eleven Taiwan yang disajikan dengan sosis berbahan babi. Foto: FX Edo

1. 猪 - zhū : babi
2. 猪肉 - zhū ròu : babi
3. 猪油 - zhū yóu : lemak babi
4. 豬油 - zhūyóu : darah babi

Selain itu, ada juga beberapa istilah kandungan alkohol pada makanan dan minuman. Untuk itu kenali tulisan 酒 - jiù yang artinya adalah alkohol, wine, minuman beralkohol.

Lebih lanjut, FX Edo juga mengatakan bahwa kuliner di Taiwan juga tak kalah banyak yang berbahan nabati atau sayur-sayuran. Biasanya makanan berbahan sayuran yang sering banyak dipilih teman-teman muslim.

Untuk menentukan makanan tersebut berbahan sayuran, kamu bisa mengenali istilah
sù shí atau dalam bahasa Mandarin dituliskan 素食 yang artinya adalah makanan vegetable.

Istilah babi dan alkohol pada makanan di TaiwanContoh produk ,minuman di Taiwan yang mengandung alkohol. Foto: FX Edo

Baca Juga: Muslim Perlu Tahu! Ini 9 Istilah Babi dalam Komposisi Makanan Jepang

"Di Taiwan itu banyak juga makanan berbahan sayurannya. Jadi, teman-teman muslim bisa memilih makanan sayuran yang lebih aman buat mereka. Selain itu, seafood juga banyak," ujar FX Edo.

Selain bisa mengenali beberapa istilah babi, alkohol dan sayuran, bisa juga dengan membeli makanan yang sudah mendapat sertifikasi halal.

Dikutip dari beberapa sumber, Taiwan memiliki 9 lembaga sertifikasi halal untuk restoran dan hotel ramah muslim. Ada Taiwan Halal Integrity Development Association (THIDA), CMA, dan International Muslim Tourism Industry Development Association (IMTIDA).

Kemudian juga ada Taipei Grand Mosque (TGM), Barakah Halal Hub Co. Ltd., Dakwah Halal Foundation Taiwan, Taiwan Islamic Association, Sinchung Halal, dan Bellcert International Inspection and Certification Group.

Mengenal FX Edo, ia merupakan mahasiswa di Taiwan asal Surabaya yang juga aktif sebagai kreator konten di TikTok. Melalui video TIkToknya @fxeedo ia sering membuat konten seputar kehidupan di Taiwan.

@fxeedo Aku mengapresiasi Anak-anak Indonesia yang tidak melupakan Indonesia walaupun mereka pergi jauh🇮🇩 #indotaiwan #taiwanindonesia #kuliahditaiwan #infotaiwan ♬ original sound - urTaiwan BIGBROTHER😁

Baca Juga: 25 Istilah Babi dalam Komposisi Makanan yang Harus Dicermati Muslim



Simak Video "Bikin Laper: Segarnya Kuah Tom Yam Autentik Khas Thailand"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT