Kini Jepang Jual Sushi Beku, Cukup Direndam Air Hangat Saat Mau Dimakan

ADVERTISEMENT

Kini Jepang Jual Sushi Beku, Cukup Direndam Air Hangat Saat Mau Dimakan

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Kamis, 27 Okt 2022 16:00 WIB
Kini Jepang Jual Sushi Beku, Cukup Direndam Air Hangat Saat Mau Dimakan
Foto: Sora News 24
Jakarta -

Sushi umumnya ditawarkan dalam kondisi segar ketika baru dibuat sushi chef, namun sushi di Jepang ini berbeda. Sekotak sushi dijual dalam kondisi beku dan perlu ditunggu atau dihangatkan jika ingin dinikmati. Ini keistimewaannya.

Sushi terdiri dari beragam jenis. Selain makizushi, sushi nigiri, dan sushi temaki yang sudah populer, ada oshizuhi yang mungkin belum banyak orang tahu.

Oshizushi sebenarnya jenis sushi nigiri dimana topping ikan mentah ditaruh di atas nasi, namun bedanya, penyajiannya ditekan atau dicetak menjadi kotak. Oshizushi kerap menarik perhatian karena bentuknya yang cantik.

Harga oshizushi juga relatif lebih mahal karena penyajian sushi ini tak ubahnya karya seni. Untuk menikmati oshizushi kapan saja, produsen bernama Rejyu menawarkan sushi ini dalam kondisi beku.

Pembeli bisa menaruhnya di freezer lalu mencairkannya kapan saja sebelum dinikmati. Mengutip Sora News 24 (26/10), salah satu menu populer Rejyu bernama Five-Piece Otameshi Set. Harganya 1980 yen atau sekitar Rp 210.000.

Kini Jepang Jual Sushi Beku, Cukup Direndam Air Hangat Saat Mau DimakanUntuk menikmati sushi beku ini caranya mudah, cukup direndam air hangat. Foto: Sora News 24

Sushi ini dikemas dalam kotak mewah berwarna silver dan biru. Di dalamnya berisi 5 buah sushi yang dikemas vakum secara personal dan ditandai dengan stiker warna berbeda.

Ada topping ikan sea trout, amberjack, kepiting, Himi Beef Sukiyaki (dari sapi yang dibesarkan di Prefektur Toyama), serta udang merah dan telur. Semuanya tersusun rapi dalam garis lurus.

Untuk menikmati sushi beku ini, ada beberapa cara melumerkannya. Pembeli bisa membiarkan sushi di suhu ruang dan menghangatkannya di microwave, namun cara terbaik adalah menggunakan air hangat.

Taruh sushi beku di air hangat bersuhu 40 Celcius selama 20 menit. Cara ini mampu mengembalikan tekstur ikan dan nasi sushi layaknya fresh sushi.

Kini Jepang Jual Sushi Beku, Cukup Direndam Air Hangat Saat Mau DimakanRagam oshizushi buatan Rejyu yang menarik selera. Foto: Sora News 24

Ketika reporter Sora News 24 mencoba, ia bilang rasa sushi beku ini benar-benar terasa seperti sushi segar. Kalau ia tidak tahu produk ini merupakan sushi beku, mungkin ia tidak menyadarinya.

Contohnya, ia bisa mencecap rasa kombu rumput laut dan mengenali tekstur renyah wortel dan lobak pada sushi. Kemudian pada topping udang, dagingnya lembut dan lengket seperti udang segar.

"Semuanya terasa seperti sushi berkualitas tinggi yang dibuat fresh oleh chef dengan tangan di depan kita," kata reporter yang mencicipinya. Five-Piece Otameshi Set buatan Rejyu ini hanya akan ada sampai 31 Maret 2023.



Simak Video "Berburu Sushi Kaki Lima Enak di Belakang Grand Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT