Terlalu Sering Dilakukan, 7 Kesalahan Memasak Ini Wajib Dihentikan

ADVERTISEMENT

Terlalu Sering Dilakukan, 7 Kesalahan Memasak Ini Wajib Dihentikan

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 27 Okt 2022 10:30 WIB
Terlalu Sering Dilakukan, 7 Kesalahan Memasak Ini Wajib Dihentikan
Foto: Getty Images/kajakiki
Jakarta -

Memasak menjadi rutinitas sehari-hari tetapi masih banyak kesalahan yang dilakukan. Bahkan untuk seorang chef profesional sekalipun sering melakukan kesalahan ini.

Bagi sebagian orang memasak adalah rutinitas yang dilakukan hampir setiap harinya. Apalagi bagi para chef profesional yang tugas utamanya adalah memasak.

Ternyata walaupun sudah memasak puluhan tahun, banyak orang yang masih melakukan kesalahan-kesalahan saat memasak. Walaupun tidak mempengaruhi rasa dengan signifikan tetapi cara yang salah dapat menurunkan kualitas makanan.

Ada beberapa kesalahan memasak yang sebaiknya berhenti dilakukan dan mulai dibenarkan. Daftar kesalahan ini bisa dilihat dan dipelajari agar tak salah lagi.

Berikut ini 7 kesalahan memasak yang masih banyak dilakukan menurut Brightside:

Terlalu Sering Dilakukan, 7 Kesalahan Memasak Ini Wajib DihentikanSaat merebus makanan, jumlah air yang digunakan harus diperhatikan. Foto: Getty Images/kajakiki

1. Merebus dengan air sedikit

Merebus makanan seperti pasta terlihat seperti hal yang mudah. Nyatanya masih banyak orang yang melakukan kesalahan saat merebus bahan makanan tertentu.

Contoh sederhananya banyak orang yang merebus pasta dengan air sedikit. Hal ini juga berlaku untuk merebus makanan lainnya seperti mie instan. Merebus dengan air yang terlalu sedikit akan membuat bahan makanan yang dimasak menempel pada dasar wajan.

2. Kesalahan menumis bawang

Sebelum memasukkan bahan memasak lainnya, banyak orang yang akan mendahulukan bawang untuk ditumis hingga harum. Tetapi kesalahan yang paling sering dilakukan adalah menumis bawang putih terlebih dahulu daripada bawang bombay.

Bawang putih memiliki kadar air yang lebih sedikit sehingga akan mudah gosong. Sebaiknya tumis bawang bombay terlebih dahulu karena kadar airnya lebih tinggi baru kemudian masukkan bawang putih dan bumbu lainnya.

3. Menaburkan garam yang tak rata

Pada beberapa tips memasak menyarankan untuk menaburkan garam ketika makanan sudah siap saji. Cara seperti ini dikatakan dapat membuat makanan terasa lebih asin walaupun hanya menggunakan sedikit garam.

Tetapi cara seperti ini justru akan membuat garam menggumpal hanya pada satu titik saja. Sebaiknya taburkan garam dengan jari saat memasak dan cicipi secara bertahap hingga mendapatkan rasa yang diinginkan.

Kesalahan memasak lainnya ada di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT