Bikin Robot Wanita untuk Sajikan Makanan, Remaja Ini Malah Dikritik

ADVERTISEMENT

Bikin Robot Wanita untuk Sajikan Makanan, Remaja Ini Malah Dikritik

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 25 Okt 2022 11:30 WIB
Bikin Robot Wanita untuk Sajikan Makanan, Remaja Ini Malah Dikritik
Foto: Storypick
Jakarta -

Buat kreasi robot wanita untuk menyajikan makanan dan bawa koran. Remaja ini malah dikritik habis-habisan.

Isu keseteraan gender memang menjadi topik yang sensitif bagi sebagian orang. Terutama para aktivis yang memperjuangkan hak dan kesetaraan wanita.

Dilansir dari Storypick (24/10), hal ini lah yang membuat robot ciptaan Mohammad Shiad asal India, dikritik banyak orang.

Remaja berusia 17 tahun ini berhasil menciptakan 'Android Pathooty', yaitu robot dengan bentuk wanita India sebagai hasil tugasnya di sekolah bersama temannya bernama Arjun.

Baca Juga: Selain Instagramable Restoran Ini Dilayani Oleh Robot Unik" selengkapnya


Shiad merupakan siswa yang mengambil jurusan ilmu komputer di Koothuparamba, Kerala. Untuk membuat robot wanita ini, ia menggunakan bahan plastik aluminum, boneka wanita, sampai nampan untuk membawa makanan di atas robot.

Canggihnya robot ini dikontrol menggunakan sensor ultrasonic, aplikasi yang dikembangkang lewat MIT dan Admega Micro Controller. Kecanggihan ini lah yang membuat robot bisa dioperasikan secara otomatis atau manual. Robot ini menghabiskan biaya sekitar Rs 10,000 (Rp 1,8 juta).

Bikin Robot Wanita untuk Sajikan Makanan, Remaja Ini Malah DikritikBikin Robot Wanita untuk Sajikan Makanan, Remaja Ini Malah Dikritik Foto: Storypick

"Robot Pathootty ini bisa membawa benda dan makanan hingga 5-6 kg. Saya beri nama Pathootty, karena benda ini bergerak sesuai desain," jelas Shiad. Akan tetapi kreasi Shiad ini justru dianggap merendahkan wanita, karena desain robot wanita ini yang digunakan untuk membawa makanan dan barang lainnya.

"Dibandingkan membantu wanita di rumah, pria lebih memilih menciptakan robot wanita," tulis netizen wanita @cow**. Ia menyorot alasan Shiad, yang menyebutkan bahwa robot ini dibuat karena dia melihat ibunya sibuk bekerja di rumah.

"Seharusnya remaja ini buat robot yang bisa memukul bokong dia, agar dia bisa membantu pekerjaan rumah sekaligus menyajikan makanan," kritik @as**.

"Robot wanita ini difungsikan untuk menyajikan MAKANAN? Apa-apaan ini" tanya @she***.


"Robot ini dibuat sesuai selera pria di India. Badan langsing, bagian atas wanita ditutupi dengan tudung, lengkap dengan nampan yang berisi makanan untuk mereka. Kasihan sekali," pungkas @sha**.

Baca Juga: Keren! Robot Ini Jago Masak Burger hingga Goreng Kentang" selengkapnya



Simak Video "Bikin Laper: Resto Pasta Mungil yang Hits di Kemang"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT