ADVERTISEMENT

Keren! Robot Ini Jago Masak Burger hingga Goreng Kentang

Sonia Basoni - detikFood
Kamis, 22 Sep 2022 13:30 WIB
Keren! Robot Ini Jago Masak Burger hingga Goreng Kentang
Foto: Site News
Jakarta -

Tak hanya mengantarkan makanan saja, kini hadir robot canggih yang jago masak dan memiliki berbagai keahlian di dapur.

Kini banyak restoran yang menggunakan teknologi robot canggih untuk menjadi pelayan pengantar makanan sampai jadi pengganti chef. Seperti robot bernama Flippy Sippy Chippy yang dibuat perusahaan teknologi asal California, Miso Robotics.

Dilansir dari DailyMailUK (21/09), robot canggih ini bisa membuat burger sampai 300 porsi per hari. Robot Flippy juga bisa menggoreng kentang.

Bahkan Robot Flipp ini sudah disewa oleh restoran cepat saji bernama Wing Zone.

Baca Juga: Selain Instagramable Restoran Ini Dilayani Oleh Robot Unik" selengkapnya


Selain bisa masak burger dan goreng kentang, ada lagi versi robot bernama Sippy yang diciptakan khusus untuk menuang pesanan minuman para pembeli. Robot ini juga sudah dilirik oleh restoran Jack in the Box yang tertarik untuk memperkerjakan robot ini di dapur merek pada 2023.

Selain itu, Miso Robotics juga meluncurkan robot lain bernam Chippy yang bisa memasak tortilla chips di restoran cepat saji Meksiko, Chipotle. Nantinya robot ini akan disebar di beberapa cabang Chipotle di California.

Keren! Robot Ini Jago Masak Burger hingga Goreng KentangKeren! Robot Ini Jago Masak Burger hingga Goreng Kentang Foto: Site News

Butuh waktu sekitar enam tahun untuk mengembangkan ketiga robot canggih yang jago masak ini. Semua robot dioperasikan dengan kamera, teknologi artificial-intelligence, dan mesin yang digunakan agar robot bisa mengulang perintah yang sama.

Robot ini dinilai lebih efektif dalam bekerja karena mereka tidak membutuhkan waktu istirahat atau waktu makan siang. Mereka juga tidak akan komplain atau mengeluh seperti para karyawan pada umumnya.

Namun untuk restoran-restoran yang ingin menyewa robot canggih ini, mereka harus siap membayar biaya sewa sekitar USD 3.000 (Rp 45 juta) per bulan.

"Kami menyadari bahwa robot ini menjadi solusi nyata untuk para konsumen kami. Apalagi para konsumen ini menginginkan investasi yang efektif. Sehingga membutuhkan banyak tenaga kerja,'" ungkap Mike Bell, selaku CEO Miso Robotics.

Keren! Robot Ini Jago Masak Burger hingga Goreng KentangKeren! Robot Ini Jago Masak Burger hingga Goreng Kentang Foto: Site News

Bukan tanpa alasan mengapa Mike Bell yakin bahwa robot-robotnya ini bisa menggantikan para pegawai di restoran. Karena menurut data dari The National Restaurant Association, ditemukan lebih dari 65% pemilik restoran setuju bahwa mencari pegawai baru adalah masalah utama mereka.

Hal ini disebabkan efek dari pandemi yang berkepanjangan dan para pekerja atau buruh yang protes dan menuntut agar upah mereka dinaikan. Sementara bisnis di industri makanan masih dalam masa pemulihan usai COVID-19 lockdown.

Miso Robotic turut menyediakan teknisi yang siap sedia menangani berbagai masalah robot seperti error atau tidak berfungsi, ketika robot-robot ini tengah masak di dapur.

Baca Juga: Canggih! Robot Ini Bisa Masak Spaghetti yang Enak" selengkapnya



Simak Video "Kulineran Asik Dilayani Robot Futuristik"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT