Picu Pro Kontra, Resto Ini Tolak Ganti Uang Pembeli yang Tak Kuat Pedas

ADVERTISEMENT

Picu Pro Kontra, Resto Ini Tolak Ganti Uang Pembeli yang Tak Kuat Pedas

Atiqa Rana - detikFood
Senin, 24 Okt 2022 18:00 WIB
Picu Pro Kontra, Resto Ini Tolak Ganti Uang Pembeli yang Tak Kuat Pedas
Foto: Getty Images / Twitter @ranimolla
Jakarta -

Restoran Thailand ini menolak dengan tegas untuk tidak mengembalikan uang (refund) ke pelanggan yang tak kuat pedas. Peraturan diterapkan setelah banyak pelanggan yang meminta hal ini.

Saat ini banyak restoran menyajikan hidangan pedas yang lebih komplet. Mereka menawarkan beberapa pilihan tingkat kepedasan yang bisa dipilih oleh pelanggan sesuai keinginan.

Karena semua pilihan jatuh di tangan pelanggan, maka semua hidangan pedas yang dibuat pun akan sesuai dengan permintaan.

Biasanya jika pelanggan kepedasan, mereka akan menerimanya karena sudah menjadi risiko pilihan mereka. Tetapi tidak dengan pelanggan di restoran ini yang justru meminta pengembalian uang dari pihak restoran karena tak kuat pedas.

Sebuah restoran Thailand yang terletak di New York, Amerika Serikat memang menyediakan pilihan makanan dengan tingkat kepedasan yang beragam. Mereka menawarkan makanan dengan level pedas mulai dari 0 hingga 5, lapor mirror.co.uk (18/10).

Pilihan tersebut tentu bisa menyesuaikan kemampuan pelanggan dalam memakan makanan pedas. Jika memang tak kuat pedas, mereka bisa memilih level 0. Sebaliknya, jika kuat pedas, mereka bisa memilih level lain.

Picu Pro Kontra, Resto Ini Tolak Ganti Uang Pembeli yang Tak Kuat PedasAda beberapa makanan Thailand yang bisa dibuat menjadi pedas. Restoran ini salah satunya yang menawarkan pilihan tingkat pedas untuk menu makanan Thailand mereka. Foto: Getty Images

Tetapi tampaknya banyak pelanggan yang mencoba menantang untuk membeli makanan dengan tingkat kepedasan di atas kemampuannya.

Jika hanya sekadar menantang dirinya, mungkin bukan menjadi masalah. Tetapi beberapa pelanggan di restoran ini sering meminta pengembalian uang karena alasan mereka tak kuat pedas.

Lantas permintaan yang tak wajar itu membuat restoran berpikir dua kali karena merugikan mereka. Untuk mengatasi situasi tersebut, akhirnya restoran ini telah mengambil tindakan untuk tidak menawarkan pengembalian uang.

Dalam sebuah unggahan foto di Twitter oleh akun @ranimolla, menunjukkan bahwa restoran tersebut dengan tegas menulis peraturan baru mereka.

Di pintu masuk, ada selembar kertas yang ditempel dengan keterangan, "Peringatan Tingkat Kepedasan 0-5. Kami tidak akan lagi menangani isu pengembalian uang ketika ada yang memesan makanan pedas dan tidak bisa mengatasinya."

Picu Pro Kontra, Resto Ini Tolak Ganti Uang Pembeli yang Tak Kuat PedasInilah cuitan di Twitter yang telah memicu perdebatan banyak orang. Foto: Twitter @ranimolla

Cuitan yang disukai oleh 123.000 orang ini pun dibanjiri beragam reaksi netizen. Banyak netizen yang justru terkejut dengan sikap pelanggan di restoran tersebut dan lebih berpihak kepada restoran.

"Bayangkan memesan makanan pedas lalu mencoba meminta pengembalian dana karena pedas? Pelanggaran yang bisa ditangkap," komentar seorang netizen.

"Saya tidak percaya ada orang yang cukup tak tahu malu untuk meminta uang kembali karena makanannya terlalu pedas. Saya merasa bahkan jika itu terlalu berat bagi saya, saya akan memiliki terlalu banyak martabat untuk melakukan itu," kata netizen lain.

Namun, ada juga netizen yang setuju dengan sikap para pelanggan. Mereka menganggap bahwa siapapun berhak untuk meminta pengembalian uang jika memang merasa makanan yang dipesan terlalu pedas.

Seperti netizen ini yang mengungkap, "Oke sebagai seseorang yang biasanya bisa menghadapi makanan hambar, siapapun yang meminta pengembalian uang berhak akan hal itu. Cobalah untuk hadapi ini."



Simak Video "Mencicipi Hidangan Restoran Kanton Peranakan Tertua di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT