Beli Nasi Uduk di Amerika, Pria Ini Habiskan Rp 230 Ribu!

ADVERTISEMENT

Beli Nasi Uduk di Amerika, Pria Ini Habiskan Rp 230 Ribu!

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 22 Okt 2022 13:00 WIB
Beli Nasi Uduk di Amerika, Pria Ini Habiskan Rp 230 Ribu!
Foto: TikTok @irwanprasetiyo
Jakarta -

Pria Indonesia ini mencoba makan nasi uduk di restoran Indonesia di Amerika Serikat. Ternyata harganya jauh beda, sampai habiskan Rp 230 ribu per porsi!

Ada banyak restoran khas negara lain di Amerika Serikat. Mulai dari restoran Thailand, India, Vietnam, hingga restoran Indonesia.

Mungkin bagi warga negara Indonesia yang tinggal di Amerika Serikat, penemuan restoran Indonesia ini cukup berharga. Pasalnya menemukan restoran Indonesia di sana tidaklah mudah.

Belum lama ini, seorang pria asal Indonesia mencoba mampir ke restoran Indonesia di kota Portland, Amerika Serikat. Melalui akun TikToknya @irwanprasetiyo (21/10), pria bernama Irwan tersebut menjajal nasi uduk di restoran bernama 'Wajan'.

Jika dilihat dalam video, restoran Indonesia ini punya konsep dan dekorasi yang sangat menarik. Bagian dindingnya dilengkapi dengan beberapa lukisan khas Indonesia seperti ondel-ondel, wayang, hingga stasiun Jakarta Kota.

Beli Nasi Uduk di Amerika, Pria Ini Habiskan Rp 230 Ribu!Dekorasi restoran Indonesia di Amerika Serikat yang dihiasi dengan lukisan ondel-ondel hingga wayang. Foto: TikTok @irwanprasetiyo

Pada kesempatan tersebut, Irwan mengungkap harga makanan Indonesia yang dijual di sana. Jika dibandingkan dengan harga di Indonesia, memang sangat jauh berbeda. Irwan pun mengungkap, "Harganya bikin cenat-cenut ya."

Pasalnya, menu makanan tersebut rata-rata dibanderol lebih dari Rp 100 ribu. Irwan mencoba memberitahu menu-menu yang tersedia di restoran Wajan beserta dengan harga lengkapnya.

Misalnya, Nasi Campur dihargai 15 USD (Rp 230 ribu) belum dengan tambahan lauk lain. Jika ingin tambah lauk Ayam Goreng harus siap mengeluarkan uang Rp 85 ribu. Lauk rendang juga dihargai Rp 100 ribu.

Sementara hidangan Nasi Uduk, Kari Ayam, Bubur Ayam, hingga Gado-Gado, harganya sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 230 ribu. Belum lagi camilan khas Indonesia seperti teri kacang dan martabak yang punya harga rata-rata diatas Rp 100.000.

Pria ini memesan hidangan 2 Nasi Uduk yang seporsi nya dilengkapi dengan orek tempe, sayuran, telur balado dan kerupuk. Irwan pun menambah camilan teri kacang dan Es Cendol. Ternyata, total makan hidangan sederhana itu saja sudah mencapai 43 USD atau sekitar Rp 670 ribu. Ditambah dengan tip sebesar Rp 60 ribu, totalnya menjadi Rp 730.000.

Beli Nasi Uduk di Amerika, Pria Ini Habiskan Rp 230 Ribu!Penampilan satu porsi nasi uduk yang dihidangkan di restoran Indonesia di Amerika. Foto: TikTok @irwanprasetiyo

Beruntungnya makanan-makanan yang ada di restoran ini punya rasa yang enak. Dikonfirmasi oleh detikfood (22/10), Irwan mengungkap pernah makan di restoran Indonesia lainnya. Dibanding restoran itu, menu di Wajan dinilai lebih sederhana, namun rasanya masih autentik.

"Pernah juga makan makanan Indonesia di kota lain di California. Menurutku restoran ini lebih ke menu yg simple dan mudah untuk disiapkan, seperti Nasi Campur, Nasi Uduk, Gado Gado, tapi cita rasa autentik Indonesianya benar-benar masih terjaga," pungkas Irwan.

Video yang sudah ditonton oleh lebih dari 480 ribu orang itu lantas membuat sebagian netizen terkejut dengan harganya. Seperti komentar netizen ini, "Tapi bener sih emang nggak bisa dibandingin sama kurs Indonesia jadinya mahal banget, tapi kalo buat harga di sini masih oke lah walaupun lumayan juga."

Beli Nasi Uduk di Amerika, Pria Ini Habiskan Rp 230 Ribu!Biaya total makan pria ini ketika makan di restoran Indonesia tersebut. Namun sebenarnya, Irwan mengungkap harga ini sangat wajar di kota besar Amerika. Foto: TikTok @irwanprasetiyo

Adapun netizen yang menganggap harga ini memang wajar karena sesuai juga dengan pendapatan masyarakat di Amerika Serikat.

Meski begitu, tak sedikit juga netizen yang terkejut dengan harga nasi uduk yang mahal itu. Banyak netizen berkomentar, "Bersyukur bro makan nasi uduk disini masih ada yang 6 ribu," "Buset gue kira lalap mujair di Papua yang Rp 120.000 seporsi udah paling mahal sedunia, ini lebih wah lagi," ujarnya.

Mungkin harga makanan itu memang membuat banyak orang tercengang. Namun sebenarnya harga makanan ini cukup standar di Amerika. Irwan mengkonfirmasi, "Betul, harga 15$ termasuk standar sih kalo untuk harga makanan di kota besar di Amerika."

Sementara alasan di balik harga makanan Indonesia yang tidak biasa itu bukan disebabkan oleh faktor bahan baku, melainkan biaya sewa dan renovasi tempat, hingga gaji pegawai yang juga memerlukan pengeluaran lebih.

"Yang membuat mahal, sebenarnya bukan bahan baku, tapi lebih ke sewa dan renovasi tempatnya. Lalu biaya membangun dapur yang sesuai standar higienis di sini dan juga membayar gaji para pegawainya," jelas Irwan yang sudah lama tinggal di luar negeri ini.



Simak Video "Nasi Uduk Ibu Jum dengan 100 Jenis Lauk yang Nikmat"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT