Lezatnya Melegenda! Ini Sate Galunggung di Pangandaran Sejak 1976

ADVERTISEMENT

Lezatnya Melegenda! Ini Sate Galunggung di Pangandaran Sejak 1976

Aldi Nur Fadillah - detikFood
Kamis, 13 Okt 2022 15:00 WIB
Sate Galunggung Pangandaran, kuliner legendaris sejak 1976.
Foto: Aldi Nur Fadillah
Jakarta -

Selain wisata pantai, di Pangandaran kamu juga bisa wisata kuliner. Kalau mau cicip yang legendaris, mampirlah ke Sate Galunggung yang sudah ada sejak 1976 ini.

Sate Galunggung adalah salah satu kuliner legendaris di Pangandaran. Gerainya beroperasi sejak 1976 atau 46 tahun lalu. Sudah berusia puluhan tahun, pelanggan setia rumah makan ini tak pernah surut.

Kamu bisa menyambangi lokasinya di Jalan Kidang Pananjung, Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran. Sate Galunggung buka mulai pukul 10.00 hingga 23.00.

Pada jam-jam makan siang, rumah makan ini biasanya dipadati pelanggan. Pemilik Sate Galunggung, Deni Haryadi mengatakan bisnis ini dirintis kakeknya pada tahun 1976.

"Ya dulu tahun 1976 waktu almarhum kakek mengembara dari Tasikmalaya ke Pangandaran untuk berjualan sate," kata Deni saat diwawancarai detikJabar, Senin (10/10/2022).

Baca Juga: Mantap! Sate Ayam Parapat Sudah Eksis di Pangandaran Sejak 1990-an

Deni merupakan generasi ke 3 penerus sate Galunggung di Pangandaran. "Dulu kakek Ajiji yang pertama buka di Pangandaran," katanya.

Meskipun namanya Sate Galunggung, menu yang disediakan sangat beragam. Ada sate ayam, sapi dan kambing. Menu paling populernya, sate kambing.

Sate Galunggung Pangandaran, kuliner legendaris sejak 1976.Meskipun namanya Sate Galunggung, menu yang disediakan sangat beragam. Ada sate ayam, sapi dan kambing. Menu paling populernya, sate kambing. Foto: Aldi Nur Fadillah

Nama Sate Galunggung diambil dari asal daerah orang tua. "Karena kakek kan berasal dari Galunggung, Tasikmalaya," ucapnya.

Untuk satu porsi sate kambing dan sapi harganya Rp 38 ribu. Sementara sate ayam Rp 26 ribu. Menu lainnya, gule kambing Rp 38 ribu, sop iga sapi Rp 38 ribu, dan olahan daging lainnya yang harganya terjangkau.

Sate Galunggung Pangandaran, kuliner legendaris sejak 1976.Untuk satu porsi sate kambing dan sapi harganya Rp 38 ribu. Sementara sate ayam Rp 26 ribu. Foto: Aldi Nur Fadillah

Sate Galunggung saat ini memiliki dua rumah makan, ada sate Galunggung 1 dan 2. "Alhamdulillah kalo sehari bisa ratusan pesanan. Kalo weekend bisa lebih," ucapnya.

Ditanya soal omzet, Deni tak mau mengungkapnya. "Ga tahu pastinya. Alhamdulillah cukup buat keluarga," katanya.

Baca Juga: Gurih Mantap! Soto Ayam Jarkomi di Pangandaran Sejak 1960an

Pengunjung Sate Galunggung Madlani (43) mengatakan, Sate Galunggung memiliki rasa berbeda dari sate lainnya di Pangandaran. "Bumbunya sangat melimpah, dagingnya empuk dan sambal kecap bawang jadi khas sate Galunggung," ucap wisatawan asal Indramayu ini.

Sate Galunggung Pangandaran, kuliner legendaris sejak 1976.Sate Galunggung saat ini memiliki dua rumah makan, ada sate Galunggung 1 dan 2. "Alhamdulillah kalo sehari bisa ratusan pesanan. Kalo weekend bisa lebih," ucapnya. Foto: Aldi Nur Fadillah

Menurutnya selain sate, gulai daging kambingnya sangat enak. "Pasti kalo ke sini harus ke Sate Galunggung," ucapnya.

Selama berjualan Deni mengaku sudah bisa menyekolahkan anak hingga kuliah, bangun rumah, dan mencukupi kehidupan keluarga.

Secara tampilan bentuk Sate Galunggung sama dengan sate lainnya, namun ukuran setiap tusuknya cukup besar.

Satu porsi sate Galunggung sudah termasuk kerupuk emping, sambal kecap, sekaligus minuman teh hangat. Jika tambah nasi, satu porsinya cukup Rp 5 ribu.

Baca artikel selengkapnya DI SINI.

Baca Juga: Sate Galungggung Pangandaran, Kuliner Legendaris Sejak 1976



Simak Video "Cobain Sate Gerobakan Terlaris Era 90-an di Punawarman Jaksel"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT