Terungkap! 7 Rahasia Kentang Goreng Enak Restoran Cepat Saji

ADVERTISEMENT

Terungkap! 7 Rahasia Kentang Goreng Enak Restoran Cepat Saji

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Selasa, 11 Okt 2022 13:00 WIB
Terungkap! 7 Rahasia Kentang Goreng Enak Restoran Cepat Saji
Foto: Getty Images/iStockphoto/Guillermo Spelucin Runciman
Jakarta -

Kentang goreng jadi salah satu menu terpopuler di restoran cepat saji. Di balik rasanya yang nikmat dan bikin nagih, ada 7 rahasia kentang goreng buatan restoran ini. Simak faktanya yuk!

Menelusuri informasi di internet soal menu restoran cepat saji terpopuler, pasti kamu akan mendapati kentang goreng sebagai salah satunya. Menu ini cocok disandingkan dengan berbagai menu populer lain seperti fried chicken hingga burger.

Kentang goreng bahkan jadi pilihan 'aman' untuk seseorang ketika tidak tahu mau makan apa saat di restoran cepat saji. Teksturnya yang garing di luar dan lembut di dalam membuat siapapun ketagihan!

Sayangnya, kentang goreng bukanlah pilihan terbaik dari sisi nutrisi. Pihak restoran cepat saji kerap memberi bahan tambahan pangan untuk membuat rasanya lebih nikmat.

Kentang goreng buatan restoran cepat saji juga punya rahasia lain yang menarik disimak. Berikut informasinya seperti dirangkum dari Eat This, Not That! (7/10):

1. Patok harga tinggi

Kentang goreng bukan hanya favorit pelanggan, melainkan juga pihak restoran cepat saji. Hal ini karena harga bahan bakunya tergolong murah, namun bisa dijual lagi dengan harga tinggi.

Menurut The Street, jaringan restoran cepat saji di Amerika Serikat umumnya bisa membeli setengah kilogram (kg) kentang goreng seharga 15 cent (Rp 2 ribuan) saja, lalu menjualnya sebagai kentang goreng seharga USD 6 (Rp 91 ribu) per setengah kg.

Kenaikan harga (markup) ini bisa mencapai 3.900%. Tak heran jika pihak restoran cepat saji berlomba-lomba menjual kentang goreng.

2. Dirancang untuk bikin ketagihan

Terungkap! 7 Rahasia Kentang Goreng Enak Restoran Cepat SajiFoto: Getty Images/iStockphoto/Guillermo Spelucin Runciman

Pernah berpikir kenapa rasa kentang goreng buatan restoran cepat saji bikin nagih? Ternyata memang sengaja dibuat seperti itu. Ada penambahan bahan yang bisa membuat rasa kentang goreng makin enak. Sebut saja perasa daging sapi, ekstra gula, dan ekstra lemak.

Restoran Wendy's di Amerika Serikat bahkan juga memikirkan cara lain untuk membuat kentang goreng mereka lebih enak. Pihaknya memperkenalkan bentuk baru dimana satu sisinya lebih tebal untuk menahan panas, sedangkan sisi lain lebih tipis untuk tetap menghadirkan sensasi renyah ketika digigit.

3. Peran perisa daging sapi

Kentang goreng McDonald's (McD) bisa dibilang paling populer dengan rasa khasnya yang nikmat. Kentang goreng dibuat dengan perisa daging sapi (artifisial) untuk meniru rasa produk mereka dulu yang digoreng dengan lemak sapi sungguhan.

Menurut situs McDonald's, perisa daging sapi buatan ini berasal dari turunan gandum dan susu. Konsumsinya juga cocok untuk vegetarian.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Kentang Goreng ala Restoran Fast Food"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT