Apakah Halal Makan Makanan yang Sudah Diendus Kucing?

ADVERTISEMENT

Apakah Halal Makan Makanan yang Sudah Diendus Kucing?

Riska Fitria - detikFood
Jumat, 07 Okt 2022 11:00 WIB
Hukum makan makanan yang dicium kucing
Foto: iStock
Jakarta -

Kucing sering kali mengendus makanan manusia. Apakah setelahnya halal jika makanan tersebut dikonsumsi? Ini penjelasan Buya Yahya.

Kucing hidup di sekitar kehidupan manusia. Maka tak heran kucing sering menghampiri kita ketika melakukan hal apapun, termasuk saat sedang makan. Tak jarang kucing mengendus makanan kita.

Hal itu membuat hidung atau mulut kucing bersentuhan dengan makanan. Sementara itu kita tidak tahu, apakah kucing tersebut bersih. Bisa jadi kucing itu habis makan bangkai yang najis.

Apakah makanan yang sudah dicium atau diendus oleh kucing itu tetap boleh dimakan? Atau justru berubah statusnya menjadi najis? Hal ini dijelaskan oleh Buya Yahya dalam video ceramahnya (15/08/22).

Baca Juga: Makan Telur Mentah Menyehatkan, Bagaimana Hukumnya dalam Islam?

Hukum makan makanan yang dicium kucingHukum makan makanan yang dicium kucing adalah diperbolehkan. Foto: iStock

Buya Yahya menjelaskan bahwa makanan yang dicium atau diendus oleh kucing boleh dimakan dan tidak akan berubah menjadi najis. Meski kucing itu baru saja makan bangkai yang najis sekalipun.

"Ulama menjelaskan kalau kucing makan bangkai yang najis, kemudian ia hilang sekejap dari mata kita lalu kembali lagi, mereka sudah dianggap suci," ujar Buya Yahya.

Jangankan diendus atau dicium kucing, makanan yang sudah digigit kucing pun boleh dimakan. Namun, Buya Yahya menyarankan untuk berbagi makanan dengan kucing.

"Apalagi digigit kucing itu boleh dimakan. Tapi kalau sudah digigit seperti itu ya kasih aja lah, jangan pelit-pelit amat sama kucing," tutur Buya Yahya.

Baca Juga: Keutamaan Makan Bersama Satu Nampan Seperti Ajaran Nabi Muhammad SAW

Hukum makan makanan yang dicium kucingMemberi makan kucing dapat mendapat pahala dan menambah rezeki. Foto: iStock

Lagi pula, ada keutamaan tersendiri dari memberi makan kucing. Mengingat kucing merupakan hewan kesayangan Rasulullah SAW. Memberi makan kucing bahkan bisa memberikan pahala dan menambah rezeki.

"Pada setiap sedekah kepada makhluk yang memiliki hati (jantung) yang hidup, akan dapatkan pahala kebaikan. Seorang muslim yang menanam tanaman atau tumbuh-tumbuhan yang kemudian dimakan oleh burung-burung, manusia, atau binatang, maka baginya sebagai sedekah," (HR. Bukhari dan Muslim).

Nabi Muhammad SAW juga pernah ditanya oleh seorang sahabatnya, apakah berbuat baik kepada binatang dapat memberikan pahala, seperti memberi makan kucing misalnya.

Rasulullah SAW menjawab, "Di dalam setiap apa yang bernyawa ada pahalanya," (HR. Bukhari & Muslim).

Baca Juga: Hikmah Makan dengan Tangan, Kebiasaan Baik yang Dicontohkan Rasulullah SAW



Simak Video "Bikin Laper: Nagihnya Pad Thai Udang Jumbo di Pasar Thailand"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT