ADVERTISEMENT

Makan Telur Mentah Menyehatkan, Bagaimana Hukumnya dalam Islam?

Riska Fitria - detikFood
Jumat, 17 Jun 2022 13:00 WIB
Hukum makan telur mentah
Foto: iStock
Jakarta -

Telur bisa diolah dengan aneka resep. Namun, ada yang lebih senang makan telur secara segar atau mentah tanpa diolah,bagaimana hukumnya dalam Islam?

Telur merupakan makanan yang kaya nutrisi. Telur mengandung protein dalam jumlah yang tinggi, sehingga dapat memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Apalagi telur dapat mudah diolah menjadi berbagai masakan. Mulai dari digoreng, direbus, orak-arik dan sebagainya. Selain itu, tak sedikit juga yang makan telur setengah matang atau bahkan mentah.

Lantas bagaimana hukumnya dalam Islam? Hal ini pernah dijelaskan oleh Buya Yahya melalui channel YouTubenya. Ia mengatakan bahwa sesuatu yang asalnya halal maka itu halal.

Baca Juga: Hukum Orang Berpuasa Memberikan Makanan untuk Orang yang Tak Puasa

Hukum makan telur mentahHukum makan telur mentah Foto: iStock

"Dijelaskan oleh para ulama, sesuatu yang asalnya halal maka selagi tidak membahayakan itu boleh-boleh saja. Jadi, gak masalah makan telur mentah," tutur Buya Yahya.

Namun, Buya Yahya menyinggung apa kenikmatan dari mengonsumsi telur mentah. Mengingat mengonsumsi telur mentah bisa berpengaruh pada kesehatan di dalam tubuh.

"Kita makan kan gak cuma enak aja, tapi juga harus bergizi," tutur Buya Yahya.

Hal yang sama juga dijelaskan oleh Ustaz Ahmad Bani dalam acara Islam Itu Indah Trans TV. Ia menjelaskan bahwa telur yang berasal dari hewan yang halal maka hukumnya halal.

Baca Juga: Bagaimana Hukum Makan dan Minum di Masjid Saat Peringatan Isra Miraj?

Hukum makan telur mentahJika pada cangkang telur menempel kotoran hewan cukup dibersihkan tanpa perlu dicuci Foto: iStock

"Sama halnya seperti susu. Allah berfirman 'Kami berikan minum dari hewan itu susu antara kotoran dan darah. Tapi itu keluarnya suci, bersih dan layak diminum, begitupun dengan telur," tuturnya.

Kemudian muncul pertanyaan, apakah makan telur bisa jadi najis karena telur keluar dari lubang tempat keluarnya kotoran? Ustaz Ahmad Bani menjelaskan bahwa hal itu sama sekali tidak najis.

Lebih lanjut, Ustaz Ahmad Bani menjelaskan jika pada cangkang telur menempel kotoran hewan cukup dibersihkan tanpa perlu dicuci menggunakan air.

Secara ilmiah, mencuci telur sebelum dimasak bisa jadi riskan. Karena dari proses air mengalir itu bisa mendorong bakteri masuk ke dalam telur.

Baca Juga: Hukum Makan Buah dan Sayur yang Ada Ulat di Dalamnya



Simak Video "Masak Masak: Otak-otak Ikan Tongkol Super Endol"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT