5 Restoran China Legendaris di Jakarta, Ada yang Berusia1 Abad

ADVERTISEMENT

Resto China Legendaris

5 Restoran China Legendaris di Jakarta, Ada yang Berusia1 Abad

Yenny Mustika Sari - detikFood
Rabu, 05 Okt 2022 15:00 WIB
Wong Fu Kie, Restoran Hakka Legendaris di Jakarta
Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari
Jakarta -

Restoran China di Jakarta banyak yang legendaris. Ada yang berusia puluhan tahun hingga nyaris 1 abad lamanya. Makan di sini bisa sambil nostalgia!

Bagi penggemar Chinese food, patut sekali mengunjungi restoran legendaris yang ada di Jakarta. Karena bisa merasakan cita rasa autentik. Selain itu, pengalaman bersantap juga makin istimewa dengan nuansa klasik.

Sekitar 5 restoran China legendaris di Jakarta. Bahkan, ada yang usianya nyaris 100 tahun. Seperti Wong Fu Kie dan Ekaria.

Restoran legendaris lainnya seperti Trio, Rendezvous, dan Paramount di kawasan Jakarta Pusat. Sudah menemani pencinta Chinese food selama puluhan tahun.

Berikut 5 restoran China legendaris di Jakarta:

1. Wong Fu Kie

Wong Fu Kie, Restoran Hakka Legendaris di JakartaWong Fu Kie, Restoran Hakka Legendaris di Jakarta Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Bicara soal restoran China legendaris di Jakarta, nama Wong Fu Kie langsung menggaung. Sudah berdiri sejak 1925, kini usianya menginjak 97 tahun. Tak terasa hampir 1 abad, Wong Fu Kie hadir menawarkan masakan khas Hakka yang autentik.

Nama Wong Fu Kie atau Oeij Phoe Kie diambil dari nama pemiliknya yang merupakan kakek dari Tjokro Kusnadi sang penerus generasi ketiga. Meski sudah generasi ketiga, eksistensinya tetap terjaga dengan kualitas rasa masakan yang sama.

Wong Fu Kie dulunya berada di daerah pecinan, tepatnya di daerah Kongsi Besar yang merupakan pusat bisnis Indonesia. Di mana banyak orang-orang Chinese yang tinggal di sana. Kemudian pada tahun 70-an pindah ke dalam gang di Jalan Perniagaan Timur 2 No. 22, Roa Malaka, Jakarta Barat.

Hidangan ala Hakka disajikan oleh Wong Fu Kie sangat autentik rasanya. Rasa masakannya cenderung gurih dan agak manis. Bumbu dasarnya menggunakan bawang putih yang membuat sedap masakan, ada juga arak, tape ketan merah, dan tepung sagu.

Baca Juga: Wong Fu Kie, Restoran Hakka Autentik di Jakarta Berusia Nyaris Seabad!

2. EKA RIA

Restoran China Legendaris di JakartaRestoran China Legendaris di Jakarta Foto: Instagram @ekaria.resto

Restoran bernama EKA RIA juga satu yang legendaris di Jakarta. Menurut website resmi ekaria.co (5/10), restoran ini sudah berdiri sejak 1925. Kini usianya 97 tahun, nyaris 1 abad lamanya.

Dulu, rumah makan ini bernama Jit Lok Jun yang didirikan oleh Tjoeng Tan. Kemudian, pada tahun 1958 dikelola oleh penerusnya Tjoeng Sang. Restoran ini berganti nama Eka Ria pada tahun 1970 yang juga berpindah lokasi ke pusat perdagangan Pasar Lindeteves hingga tahun 1984.

Hidangan Chinese yang disajikan oleh Eka Ria adalah ala Kanton. Menu andalan mereka adalah burung dara Jit Lok Jun yang digoreng dengan racikan khusus dan saus spesial.



Simak Video "Restoran China di Hotel Karawang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT