10 Makanan Indonesia Ini Diakui Sebagai Makanan Terenak di Dunia

ADVERTISEMENT

10 Makanan Indonesia Ini Diakui Sebagai Makanan Terenak di Dunia

Tim detikfood - detikFood
Selasa, 04 Okt 2022 07:00 WIB
Warung makan Sate Keroncong yang tersembunyi di dekat Pasar Jatinegara.
Foto: detikFood / Yenny Mustika Sari
Jakarta -

Selain keindahan alam yang luar biasa, makanan Indonesia juga dikenal unik dan lezat. Berikut ini 10 makanan Indonesia yang terenak dunia.

Banyak orang di belahan dunia lain menyukai cita rasa khas makanan Indonesia. Beberapa makanan khas Indonesia bahkan diakui sebagai makanan terenak di dunia. Ini karena tiap wilayah punya racikan makanan lokal yang unik dan enak.

Makin banyak orang asing yang jatuh cinta dengan makanan Indonesia, bahkan sejak pertama menciicipinya. Muali dari nasi goreng, sate, hingga rendang yang sudah kondang lezatnya.

Dikutip dari CNN Indonesia (03/10) berikut ini 10 makanan Indonesia yang diakui sebagai makanan terenak dunia.

1. Rendang

Lamak Bana! Gulai Ikan Kakap dan Rendang Empuk di Dekat Halte Pasar Muara KarangNasi Rendang. Foto: detikcom/Diah Afrilian

Rendang, hidangan daging lezat asal Sumatera Barat ini kembali dinobatkan sebagai Makanan Terbaik dalam 50 Makanan Terbaik Dunia versi CNN yang diterbitkan pada Juli 2017 silam.

Rendang adalah salah satu dari lima makanan khas Indonesia yang telah dipromosikan oleh Kementerian Pariwisata sebagai ikon kuliner Indonesia. Selain itu, selebriti chef Gordon Ramsay juga tergoda untuk belajar memasak rendang langsung di Sumatera Barat.

2. Nasi goreng

Nasi Goreng Upiak : Lama Bana! Cicip Nasi Goreng Rendang dan Balado Minang yang BerempahNasi Goreng Berempah Foto: detikFood

Sama seperti rendang, nasi goreng khas Indonesia juga berhasil menjadi makanan terenak di dunia menurut rilis media internasional tahun 2017. Nasi goreng diakui sebagai makanan Indonesia, meski ada berbagai versi nasi goreng di seluruh dunia.

Perbedaan nasi goreng di Indonesia dengan negara lain adalah penggunaan kecap yang lebih manis, rasa yang lebih pedas dan penambahan bawang goreng. Nasi goreng khas Indonesia biasanya dimakan dengan acar dan kerupuk.

3. Sate

Sate Pak Bustaman: ada sate kambing dan sop sumsum nikmat.Sate. Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Sate merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang juga masuk dalam daftar 50 makanan terlezat di dunia versi media internasional tahun 2017.

Hidangan yang umumnya menggunakan daging kambing dan ayam ini memiliki cita rasa yang lezat dan menggugah selera. Tak heran, makanan yang biasanya disajikan dengan sambal kacang ini sangat digemari semua kalangan.

4. Soto

Lezatnya Soto Cawang, Soto Betawi Legendaris di Area Parkir Soto Betawi Legendaris di Area Parkir Foto: detikFood

Soto menempati posisi ke-4 dari 20 hidangan sup terbaik di dunia versi CNN. Soto ayam khas Indonesia umumnya dihidangkan dengan rempah-rempah lezat seperti kunyit segar, kayu manis, serai dan daun jeruk yang berpadu untuk menciptakan aroma dan rasa yang menggugah selera.

Soto ini diketahui juga dicintai di Singapura, Malaysia, hingga di Suriname yang jauh di Amerika Selatan dan menjadi salah satu makanan Indonesia yang diakui sebagai makanan terenak di dunia.

5. Gado-gado

Gado-gado saus kacang mete yang enak di Jakarta.Gado-gado saus kacang mete yang enak di Jakarta. Foto: Instagram

Gado-gado adalah campuran beberapa sayuran yang direbus, kemudian disajikan dengan telur dan saus kacang. Ini juga menjadi salah satu makanan Indonesia yang diakui sebagai makanan terenak di dunia.

Meski sederhana, makanan khas Indonesia ini pernah meraih juara pertama dalam kategori estetika presentasi pada kompetisi memasak internasional yang diadakan di Naples, Italia, pada 2010. Salad versi Indonesia ini biasanya disajikan dengan tahu dan tempe.



Simak Video "Bikin Laper: Kelezatan Aneka Macam Pempek Palembang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT