Mukbang Makan Kepiting Hidup, Seleb TikTok Ini Dikecam

ADVERTISEMENT

Mukbang Makan Kepiting Hidup, Seleb TikTok Ini Dikecam

Sonia Basoni - detikFood
Sabtu, 01 Okt 2022 17:00 WIB
Mukbang Makan Kepiting Hidup, Seleb TikTok Ini Dikecam
Foto: Site News/TikTok
Jakarta -

Seleb TikTok asal China ini dikecam keras. Gegara bikin video mukbang menu kepiting hidup dengan aneka rempah dan alkohol.

Praktik menyantap hewan yang masih hidup atau daging mentah sudah dikecam berbagai negara. Apalagi sejak pandemi COVID-19 menyebar di tahun 2020. Namun hingga kini praktik menyantap hewan yang masih hidup tetap dilakukan beberapa orang.

Salah satunya seleb TikTok @novemberwhen721, yang diduga berasal dari China. Wanita ini sering mengunggah konten mukbang, dirinya menyantap aneka seafood tapi yang masih hidup.

Baca Juga: Lezatnya Juara! Udang Rebus di Restoran Seafood Favorit Chenle NCT" selengkapnya


Dilansir dari DailyMailUK (29/09), yang paling menyita perhatian adalah videonya saat makan kepiting satu baskom besar. Semua kepiting itu masih hidup.

Untuk menambahkan rasa, wanita itu tuangkan minuman alkohol serta beberapa bumbu rempah sebelum menyantapnya dengan semangat. Tak tanggung-tanggung, wanita itu langsung menyantap satu kepiting utuh meski bagian kepiting masih bergerak.

Video ini bukannya menghibur banyak orang malah mengundang kritik dan kecaman dari netizen. Banyak yang menyebut bahwa video ini menunjukkan kekerasan pada hewan, karena kepiting disantap dalam keadaan hidup.

Mukbang Makan Kepiting Hidup, Seleb TikTok Ini DikecamMukbang Makan Kepiting Hidup, Seleb TikTok Ini Dikecam Foto: Site News/TikTok

Sementara ada juga yang membela Seleb TikTok ini, dan menyebutkan bahwa di beberapa bagian di Korea Selatan dan China sendiri, tradisi makan seafood dalam keadaan hidup sudah ada sejak dulu.

"Ini adalah cara kamu mendapatkan cacing parasit di tubuh. Memang apa susahnya sih memasak kepitingnya dulu?" kritik salah satu netizen.

"Banyak yang bilang hal ini normal di Korea Selatan. Tapi ibu saya menyebut bahwa hal ini jarang dilakukan. Orang-orang yang makan kepiting masih mentah dan hidup ini biasanya tinggal di desa pedalaman, tapi ibu saya sendiri berpikir cara makan ini kejam," sambung netizen lainnya.

"Saya sudah pernah mencoba makan seafood hidup di Asia, terutama di daratan China. Tapi yang perlu diketahui adalah, kebiasaan makan ini tidak umum di sana," tulis netizen.

Meski begitu ada beberapa netizen yang justru penasaran dan ingin mencobanya.

"Saya jadi tertarik ingin mencobanya. Tapi apakah gaya makan ini aman untuk dikonsumsi?" tanya netizen penasaran.

Sampai sekarang perdebatan antara menyantap seafood mentah yang masih hidup, masih menuai pro kontra. Ada yang menganggap metode makan ini aman, ada juga yang beropini sebaliknya.

Baca Juga: Tidak Dimasak,5 Sajian Ini Pakai Cumi dan Udang Hidup-hidup" selengkapnya



Simak Video "Bikin Laper: Berburu Seafood Sambil Menikmati Sunset di Pantai Jimbaran"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT