Kekinian! 5 Sekte Makan Seblak Dicocol Sambal hingga Pakai Pisang

ADVERTISEMENT

Kekinian! 5 Sekte Makan Seblak Dicocol Sambal hingga Pakai Pisang

Yenny Mustika Sari - detikFood
Jumat, 30 Sep 2022 18:00 WIB
Seblak Cobek Teh Ida, Seblak Ngumpet Dalam Gang yang Mantul di Braga
Foto: detikfood
Jakarta -

Seblak biasanya disajikan berkuah maupun kering dengan cita rasa pedas. Tapi belakangan ada sekte makan seblak unik seperti dicocol sambal hingga pakai pisang.

Seblak merupakan makanan khas Jawa Barat dan sangat populer. Terbuat dari kerupuk yang dimasak hingga lunak, lalu diberi bumbu kencur dan cabe yang pedas gurih dan dicampurkan aneka bahan. Seperti bakso, sosis, telur, sayuran, hingga mie.

Hidangan yang cita rasanya pedas gurih ini biasa disajikan dengan kuah maupun kering. Seperti penyajian mie goreng dan rebus.

Belakangan cara makan seblak lebih beragam, bahkan cenderung nyeleneh. Seperti sekte makan seblak dicocol sambal, seblak cobek, hingga dicampurkan pisang.

Berikut 5 sekte makan seblak yang nyeleneh dan kekinian:

1. Seblak Cobek

Seblak Cobek Teh Ida, Seblak 'Ngumpet' Dalam Gang yang Mantul di BragaSeblak Cobek Teh Ida, Seblak 'Ngumpet' Dalam Gang yang Mantul di Braga Foto: detikfood

Seblak yang telah matang biasanya langsung disajikan di mangkuk atau piring, namun penjual seblak di Bandung ini punya cara lain. Sebelum disajikan, seblak yang telah matang diletakkan di atas cobek.

Setelah itu, diaduk dan diulek sampai semua tercampur merata. Seblak cobek ini dijual oleh Teh Ida. Tim detikFood pernah mengunjungi warungnya untuk mencoba seblak cobek tersebut.

Seblak cobek racikan Teh Ida ini tidak memiliki kuah yang banyak. Racikannya nyemek cenderung kering. Aroma kencurnya terasa kuat dan kamu bisa memesan level pedas sesuai selera.

Baca Juga: Seblak Cobek Teh Ida, Seblak 'Ngumpet' Dalam Gang yang Mantul di Braga

2. Seblak Dicocol Sambal

Sekte SeblakSekte Seblak Foto: TikTok

Seblak terbuat dari beragam jenis kerupuk yang telah dilunakkan. Teksturnya menjadi basah, lembek, dan agak kenyal. Kerupuk yang telah melunak ini lalu dimasak dengan campuran bahan dan bumbu kencur dan cabe yang pedas.

Pemilik akun TikTok @r.a_yu mengunggah momennya saat sedang menikmati seblak dengan cara unik. Kerupuk yang telah lunak itu tidak dimasak lagi, tetapi hanya dicocolkan ke racikan sambal.

Sambal itu terbuat dari bawang putih, cabe rawit, kencur, dan garam. Lalu, disiram dengan minyak panas. Bahan untuk sambalnya seperti bumbu untuk membuat seblak.

Baca Juga: Seuhah! 5 Seblak Pedas Gurih yang Jarang Diketahui Penggemar Seblak



Simak Video "Bikin Laper: Seblak Super Enak di Kawasan Palmerah"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT