Punya Penyakit Langka, Wanita Ini Harus Minum Tepung Maizena 3 Jam Sekali

ADVERTISEMENT

Punya Penyakit Langka, Wanita Ini Harus Minum Tepung Maizena 3 Jam Sekali

Sonia Basoni - detikFood
Jumat, 30 Sep 2022 18:30 WIB
Punya Penyakit Langka, Wanita Ini Harus Minum Tepung Maizena 3 Jam Sekali
Foto: NYPost
Jakarta -

Tepung maizena biasanya digunakan untuk bahan masakan atau kue. Tapi wanita ini minum larutan tepung maizena setiap tiga jam untuk bertahan hidup.

Memiliki penyakit atau kondisi tubuh yang langka. Wanita cantik asal Brazil bernama Leticia Ramos ini, harus bertahan hidup dengan minum larutan tepung jagung atau maizena setiap tiga jam sekali.

Dilansir dari NYPost (30/09), Leticia ini menderita glikogenosis. Sejenis penyakit penyimpanan glikogen, yang berkaitan dengan gangguan metabolisme langka pada tubuh. Sehingga penyakit ini mempengaruhi produksi metabolisme glikogen, yang merupakan sumber energi utama tubuh.

Saking langkanya, penyakit ini hanya diderita 1 dari 25 ribu orang di seluruh dunia. Penyakit ini sering menyebabkan pembesaran hati, serta membuat otot-otot tubuh menjadi lemah.

Baca Juga: 5 Kondisi Langka Buat Orang Tak Bisa Berhenti Makan sampai Makan Lewat Selang" selengkapnya


Karena itu Leticia yang masih berusia 29 tahun ini, harus minum larutan tepung maizena setiap tiga jam sekali. Untuk mencegah kadar glikogen berbahaya yang menumpuk di hati atau livernya.

Punya Penyakit Langka, Wanita Ini Harus Minum Tepung Maizena 3 Jam SekaliPunya Penyakit Langka, Wanita Ini Harus Minum Tepung Maizena 3 Jam Sekali Foto: NYPost

Bukan tanpa alasan mengapa Leticia yang sehari-harinya bekerja sebagai pegawai restoran pizza ini memilih tepung maizena. Karena kandungan karbohidrat kompleks di dalam tepung miazena dapat mempertahankan kadar gula darah di angka normal, dibandingkan karbohidrat yang berasal dari makanan.

Jadi untuk mempertahankan kadar gula darah, Leticia terpaksa minum larutan tepung maizena. Serta membatasi asupan gulanya, dengan memakan makanan rendah gula.

"Kalau saya tidak minum larutan maizena, saya bisa mengalami koma," ungkap Leticia, yang pernah mengalami perut bengkak hingga bahkan kejang.

Meski keluarganya mengira awalnya Leticia hanya sakit perut biasa, tapi kesehatannya terus menurun. Sampai akhirnya didiagnosa penyakit langka ini. Selain minum larutan maizena, Leticia juga mengonsumsi 13 obat yang berbeda setiap harinya.

"Walau awalnya sulit, tapi setelah terbiasa mengatur semuanya, hidup kita jadi lebih mudah," ungkap Leticia.

"Saya dulu merasa malu karena harus makan tepung maizena. Saya merasa hidup saya berbeda dengan orang lain," sambung Leticia.

Untungnya kini Leticia semakin percaya diri, karena banyak orang yang mendukungnya di media sosial. Bahkan ia memiliki lebih dari 40 ribu followers sekarang.

"Saya tidak menyangka akan mendapatkan perhatian sebanyak ini. Saya dulu selalu menyembunyikan pola makan saya yang harus konsumsi tepung maizena, tapi kini saya memutuskan untuk menunjukkannya ke semua orang," pungkas Leticia.

Baca Juga: Idap Penyakit Langka, Bocah Ini Selalu Kelaparan Setiap Saat" selengkapnya



Simak Video "Bikin Laper: Bakso dengan Taburan Kikil Melimpah"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT