5 Kondisi Langka Buat Orang Tak Bisa Berhenti Makan sampai Makan Lewat Selang

ADVERTISEMENT

5 Kondisi Langka Buat Orang Tak Bisa Berhenti Makan sampai Makan Lewat Selang

Sonia Basoni - detikFood
Rabu, 20 Apr 2022 10:30 WIB
Dituduh Anoreksia, Wanita Ini Ternyata Punya Penyakit Langka Tak Bisa Makan
Foto: DailyMailUK
Jakarta -

Idap kondisi makan langka, membuat beberapa orang ini kesulitan saat makan. Karena ada yang tak bisa berhenti makan, sampai tidak bisa makan sama sekali.

Kondisi makan yang langka dan jarang dialami orang lain, membuat orang-orang ini harus mengalami kesulitan setiap kali makan di sepanjang hidup mereka. Kondisi makan langka ini datang secara tiba-tiba, ada juga yang sudah mengalaminya sejak lahir.

Ada yang tak bisa berhenti makan sampai harus dioperasi agar tidak makan berlebihan. Ada juga yang dituduh mengidap anoreksia karena tubuhnya tinggal tulang, padahal ia mengidap kondisi langka yang membuatnya tidak bisa makan sama sekali. Begitu juga dengan orang yang hanya bisa makan lewat selang.

Berikut lima orang dengan kondisi makan langka yang mereka idap.

Baca Juga: Duh! Orang-orang Ini Hanya Bisa Makan Satu Jenis Makanan Saja" selengkapnya


1. Berhenti Makan dengan Operasi

Kondisi Langka! Wanita Ini Harus Dioperasi karena Tak Bisa Berhenti MakanKondisi Langka! Wanita Ini Harus Dioperasi karena Tak Bisa Berhenti Makan Foto: Mirror

Seorang wanita bernama Amy Elsey terpaksa membayar hingga Rp 169 juta untuk tindakan operasi pada tubuhnya. Bukan operasi plastik atau penyakit, operasi ini dilakukan untuk membuat Amy berhenti makan.

Kesengsaraannya ini diakui oleh Amy berawal dari kebiasaannya melakuan fad diet sejak usia 15 tahun. Bertujuan untuk mendapatkan tubuh yang ideal, dirinya justru mengalami kesulitan untuk mengendalikan berat badan dan pola makan yang sehat.

Hingga akhirnya Amy berkonsultasi dan yakin untuk melakukan operasi gastric sleeve untuk menekan nafsu makannya. Pada operasinya ini sebagian lambung Amy akan diangkat dan dibuat menjadi lebih kecil.

Keputusan Amy untuk melakukan operasi ini sudah bulat karena dirinya mengaku sangat kesulitan untuk bermain bersama putrinya yang berusia 5 tahun bahkan hingga susah untuk bangun dari tempat tidurnya.

2. Anak Kecil Tak Bisa Berhenti Makan

Seorang ibu bernamaTracy Fitzgerald mengatakan bahwa putrinya Megan, yang masih berusia 7 tahun tidak bisa berhenti makan. Bahkan Megan akan mulai menangis dan bejerit histeris, saatTracy memintanya untuk berhenti makan. Bahkan Tracy sempat berencana untuk mengunci rak dapur yang berisi makanan.

Jika Tracy mulai melarang Megan untuk berhenti makan, ia akan mulai menangis dan berteriak hingga diberi makanan. Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata Megan di diagnosa Prader-Willi Syndrome. Yaitu kelainan makan langka, yang membuat penderitanya selalu dalam kondisi kelaparan.

Menurut Tracy hingga saat ini belum banyak orang yang belum tahu tentang Prader-Willi Syndrom, dan ia berharap bahwa orang-orang nantinya akan lebih perduli dengan kelainan makan ini.

3. Makan Harus Pakai Selang

Awalnya Tersedak, Wanita Ini Alami Penyakit Langka dan Harus Makan Lewat SelangAwalnya Tersedak, Wanita Ini Alami Penyakit Langka dan Harus Makan Lewat Selang Foto: The Sun

Kondisi makan langka selanjutnya dialami oleh Leanne Sims. Wanita yang sudah selama 20 tahun terakhir tidak bisa menelan makanan dengan normal. Sims didiagnosa mengidap penyakit langka bernama achalasia yang membuatnya kesulitan untuk menelan makanan dan minuman.

Kelainan ini dialaminya saat masih berusia 10 tahun. Awalnya ia tidak sengaja tersedak makanan yang tengah dikunyah. Sebelum didiagnosa mengidap penyakit langka, Sims sempat dicurigai mengalami kelainan makan atau eating disorder karena sakit selama bertahun-tahun setiap setelah makan.

Bertahun-tahun, Sims yang kini berusia 32 tahun telah mengalami perjalanan yang panjang untuk melakukan perawatan intensif atas malnutrisi dan mengalami sakit esophageal spasm setiap harinya.



Simak Video "Manis Empuk Roti Bantal dengan Berbagai Isian"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT