Lagi Tren Kue dalam Kaleng Khas Jepang, Begini Rasanya

ADVERTISEMENT

Lagi Tren Kue dalam Kaleng Khas Jepang, Begini Rasanya

Atiqa Rana - detikFood
Minggu, 18 Sep 2022 17:00 WIB
Lagi Tren Kue dalam Kaleng Khas Jepang, Begini Rasanya.
Foto: Detikcom / Atiqa Rana
Jakarta -

Kue dalam kaleng (can) asal Jepang ini memang sangat populer. Sekarang kue lembut dalam kaleng itu bisa dicicipi langsung di Indonesia. Begini rasanya.

Akhir-akhir ini media sosial diramaikan dengan kehadiran can cake asal Jepang. Pasalnya kue tersebut bukan berbentuk potongan, melainkan ditaruh dalam wadah seperti kaleng minuman bersoda.

Di Jepang sendiri, mereka punya cara unik untuk membelinya. Kue kalengan itu tersedia di dalam mesin penjual otomatis (vending machine).

Meskipun cara pembeliannya tidak mirip seperti di Jepang, namun kini orang Indonesia sudah bisa mencoba japanese-style cake dalam kalengan itu. Salah satu toko kue yang menghadirkannya di Jakarta, ETSU.

ETSU Indonesia merupakan toko kue yang didirikan oleh Maria Stephanie Kurniawan dan Grace Oktaviani Kurniawan. Mereka berdua menawarkan kue bergaya Jepang yang ditempatkan dalam kaleng.

Ada tiga varian rasa yang ditawarkan. Mulai dari rasa Vanilla (HANA), Cokelat (NAO), dan Matcha (KAORI). Meskipun memiliki rasa yang berbeda, tetapi ketiganya tetap dilengkapi dengan potongan buah stroberi segar.

Detikfood berkesempatan untuk mencoba ketiga varian rasa Japanese-style can cake tersebut. Dari tampilan luar, kue ini terlihat begitu unik dan menarik.

Karena menggunakan wadah kalengan berwarna bening, sehingga setiap lapisan krim, kue, dan stroberi pun terlihat dengan jelas.

Lagi Tren Kue dalam Kaleng Khas Jepang, Begini Rasanya.Karena menggunakan wadah kalengan berwarna bening, sehingga setiap lapisan krim, kue, dan stroberi pun terlihat dengan jelas. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Sementara wadah kalengnya tidak begitu berat dan sangat rapat. Kamu tidak perlu khawatir kue akan tumpah. Dengan wadah kaleng ini, membuat kue menjadi praktis dibawa kemana pun.

Untuk mencoba kue dalam kaleng ini, pembeli harus membuka kemasan bagian atasnya terlebih dahulu.

Ada pull tabs atau ring tabs di atas kemasan yang harus dibuka dengan cara menariknya, seperti ketika kita membuka minuman kalengan.

Barulah kue siap untuk disantap dengan menggunakan sendok kayu yang sudah disediakan oleh ETSU.

Di lapisan paling atas kue, terdapat krim lembut dan juga buah stroberi. Bahkan krim pada varian matcha atau (Kaori) sampai-sampai meluber.

Lagi Tren Kue dalam Kaleng Khas Jepang, Begini Rasanya.Di lapisan paling atas kue, terdapat krim lembut dan juga buah stroberi. Bahkan krim pada varian matcha atau (Kaori) sampai-sampai meluber. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Ketiga varian rasa memiliki tampilan dan susunan yang sama. Yang membedakan hanya rasa krim dan kue nya saja.

Lapisan paling bawah diisi dengan sponge cake terlebih dahulu. Kemudian akan diisi dengan whipped cream dan potongan buah. Lalu diisi kembali dengan kue. Begitu seterusnya.

Cukup sulit untuk menyendok bagian sponge cake karena adonan whipped cream cukup tebal. Selain stroberi, ternyata Etsu Japanese-style can cake sepertinya juga menggunakan selai stroberi sebagai perekat antara satu lapisan kue dengan lainnya.

Varian pertama yang kami cicip, matcha (Kaori). Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, krim matcha pada varian ini sangat lembut dan tebal sampai luber ketika bagian ring tabs dibuka.

Perihal rasa, krim matcha terasa seperti matcha original Jepang yang cukup pahit dan pekat. Bagi mereka pencinta matcha pasti akan suka varian ini.

Sementara sponge cakenya pun lembut, namun tidak begitu terasa matchanya. Jika dimakan dengan buah stroberi, rasa matcha dan asam stroberi akan menyatu menciptakan rasa pahit asam yang justru cocok dan enak.

Lagi Tren Kue dalam Kaleng Khas Jepang, Begini Rasanya.Perihal rasa, krim matcha terasa seperti matcha original Jepang yang cukup pahit dan pekat. Bagi mereka pencinta matcha pasti akan suka varian ini. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Mirip dengan varian matcha, varian cokelat (Nao) memiliki rasa cokelat yang juga cukup pekat. Campuran sponge cake cokelat dan whipped krim terasa manis, namun masih sangat ringan.

Ada juga buah stroberi segar yang bisa dimakan bersamaan dengan sponge cake dan krim cokelat.

Lagi Tren Kue dalam Kaleng Khas Jepang, Begini Rasanya.Mirip dengan varian matcha, varian cokelat (Nao) memiliki rasa cokelat yang juga cukup pekat. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Varian terakhir yang kami coba adalah vanilla (Hana). Vanilla merupakan varian yang bisa dibilang original dan ringan untuk disantap.

Sponge cake dan whipped krim putihnya tidak begitu manis. Sangat cocok dimakan bersamaan dengan potongan stroberi.

Lagi Tren Kue dalam Kaleng Khas Jepang, Begini Rasanya.Varian terakhir yang kami coba adalah vanilla (Hana). Vanilla merupakan varian yang bisa dibilang original dan ringan untuk disantap. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Rasanya akan menjadi seimbang antara kue, krim manis ringan dengan stroberi yang sedikit asam.

Kue yang tersedia di ETSU sebenarnya bukan Japanese-style can cake saja, tetapi ada beberapa menu kue lain seperti Mini Basque Burnt Cheesecake dan Soft Choc Chip Cookies.

Harga satu kaleng Etsu Japanese-style can cake dibanderol seharga Rp 45.000 hingga Rp 55.000.

Saat ini, kue-kue di Etsu Indonesia bisa dipesan dengan sistem pre-order melalui Instagram @etsu.idn dan juga melalui Whatsapp dengan nomor +6285959207783.

Namun kamu juga bisa mengunjungi langsung di outlet terbaru mereka yang buka di daerah Inner Circle, Jl. Muara Karang Raya No.4, RT.12/RW.17, Jakarta Utara.



Simak Video "Menikmati Jajanan Tradisional Kue Apem Kicir"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT