ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Ini Alasan Orang Suka Menambahkan Air Lemon pada Seduhan Kopi

Yenny Mustika Sari - detikFood
Kamis, 15 Sep 2022 07:30 WIB
alasan orang racik kopi pakai lemon
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Kopi yang dicampurkan lemon belakangan menjadi minuman favorit banyak orang. Apa alasan banyak orang suka racikan kopi dengan sensasi asam ini?

Kopi hitam diketahui baik untuk dikonsumsi karena kandungan zat antioksidannya yang tinggi. Kandungan tersebut memberikan manfaat dalam menjaga imunitas tubuh hingga menurunkan berat badan.

Racikan kopi hitam itu harus dikonsumsi tanpa gula. Karena gula yang memberikan rasa manis malah membuat minuman ini menjadi tak sehat, bahkan dapat menaikkan berat badan.

Baca Juga: Racikan Kopi Campur Santan yang Creamy Gurih Ini Mudah Dibuat

alasan orang racik kopi pakai lemonalasan orang racik kopi pakai lemon Foto: Getty Images/iStockphoto

Kalau ingin menikmati kopi hitam dengan racikan yang tak biasa, kamu bisa menambahkan air lemon ke dalamnya. Racikan kopi lemon ini dipilih banyak orang untuk dikonsumsi saat diet.

Dilansir dari Life Savvy (12/9), Samantha Cassetty, seorang ahli gizi di New York menjelaskan kalau lemon dapat memberikan tambahan rasa. Selain itu, juga dapat membantu menjaga tubuh lebih terhidrasi.

Tambahan air jeruk lemon ke dalam kopi hitam memang bisa memberikan manfaat tersebut. Lemon bisa menyebabkan defisit kalori dan penurunan berat badan. Namun efeknya tidak begitu berdampak, menurut Cassetty.

Baca Juga: Ini Cara Felicia Tissue Kelola Bisnis Kuliner Singapura-Jakarta

alasan orang racik kopi pakai lemonalasan orang racik kopi pakai lemon Foto: Getty Images/iStockphoto

"Makan untuk menurunkan berat badan seharusnya tidak membatasi diri atau memaksa diri untuk makan atau minum sesuatu yang tidak menggugah selera," kata Cassetty.

"Itu pertanda bahwa kamu hanya memprioritaskan penurunan badan, tidak dengan kesejahteraan," lanjutnya.

Jadi, haruskah menambahkan lemon ke dalam racikan kopi untuk menurunkan berat badan? Berbeda dengan yang lain, Cassetty justru tidak menyarankannya. Cassetty memberikan saran jika ingin menurunkan berat badan harus fokus pada kebiasaan makan yang sehat dan berkelanjutan.

Seseorang juga harus memperbaiki kualitas tidur dan menghindari pemicu stres. Hal ini akan membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

Namun kalau ingin tetap menambahkan lemon ke dalam racikan kopi bisa saja untuk menambah cita rasa. Dalam hal manfaat kesehatan, secangkir kopi hitam biasa saja sudah memberikan dampak pada penurunan berat badan.

Baca Juga: Kecewa Dapat Porsi Sedikit, Pelanggan Beri Bintang 1 ke Restoran Ini



Simak Video "Sejarah Kebun Kopi Tertua di Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT