Menjijikkan Tapi 5 Makanan Ini Populer di Berbagai Negara

ADVERTISEMENT

Menjijikkan Tapi 5 Makanan Ini Populer di Berbagai Negara

Sonia Basoni - detikFood
Kamis, 15 Sep 2022 13:30 WIB
Menjijikkan TapiĀ 5 Makanan Ini Populer di Berbagai Negara
Foto: Site News
Jakarta -

Walau terdengar tak lazim bagi sebagian besar orang. Ada banyak makanan aneh bahkan ekstrem yang digemari di berbagai negara.

Setiap orang pasti memiliki selera makan masing-masing. Ada yang suka makanan populer yang sedang tren, ada juga yang lebih memilih mencicipi makanan ekstrem yang dianggap menjijikkan.

Seperti di Vietnam yang terkenal dengan sajian otak monyet. Meski kontroversial, makanan ini tetap diburu banyak orang. Kemudian ada juga menu pancake hitam yang terbuat dari adonan darah babi.

Berikut lima makanan yang sering dianggap menjijikkan dan ekstrem namun digemari di beberapa negara.

Baca Juga: Demi Dapat Rp 2 Juta, Pria Ini Sanggupi Tantangan Makan 3 Kg Samosa" selengkapnya


1. Darah Ular Kobra

Menjijikkan Tapi 5 Makanan Ini Populer di Berbagai NegaraMenjijikkan Tapi 5 Makanan Ini Populer di Berbagai Negara Foto: Site News

Di Indonesia, seperti di daerah Jakarta dan sekitarnya, menemukan warung tenda yang menjual daging ular kobra, dan darah ular kobra untuk dikonsumsi bukan lagi hal yang aneh atau ekstrem.

Di wilayah Mangga Besar contohnya, orang-orang bisa kulineran spesial ular kobra, yang dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Tak hanya dagingnya saja yang diolah menjadi sate, abon sampai sop.

Tapi darah ular kobra pun disajikan untuk diminum langsung oleh pembeli. Menurut yang sudah mencoba darah ular kobra ini, rasanya pahit, amis dan biasanya dicampur dengan madu dan arak untuk menyamarkan rasa amisnya.

2. Pancake Darah Babi

Sekilas makanan yang satu ini tampilannya mirip seperti pancake atau crepes yang terbuat dari adonan tepung cokelat. Padahal Blodplattar terbuat dari olahan darah babi yang dicampur ke dalam tepung terigu, bawang, dan beberapa rempah lainnya. Kemudian semua bahan ini dicampur hingga tekstur adonannya kental.

Blodplattar ini populer di Finlandia dan Swedia. Menu ini sering disajikan sebagai menu sarapan yang enak. Mirip seperti pancake, Blodplattar ini juga disajikan dengan tambahan buah-buahan, selai, hingga digulung seperti crepes.

Menurut kepercayaan banyak orang Finlandia dan Swedia, pancake darah babi ini dinilai sebagai menu sarapan bernutrisi. Kaya akan zat besi dan rasanya cukup enak. Di pagi hari blodplattar jadi menu sarapan yang cukup populer di dua negara tersebut.

3. Sup Kelelawar

Menjijikkan Tapi 5 Makanan Ini Populer di Berbagai NegaraMenjijikkan Tapi 5 Makanan Ini Populer di Berbagai Negara Foto: Site News

Fruit bat merupakan kelelawar buah yang biasa dikenal dengan nama codot di Indonesia. Sajian ini cukup terkenal di beberapa negara di Asia, seperti Thailand, Vietnam, hingga Guam.

Ukuran badannya mungil dan hanya memakan buah. Pertama, kelelawar yang sudah mati akan dicuci terlebih dulu. Kemudian, dimasukkan ke dalam air yang mendidih sampai matang. Baru setelah itu, dimasak dengan santan, jahe, rempah-rempah dan aneka sayur.

Banyak orang yang percaya konsumsi daging kelelawar punya banyak manfaat. Manfaatnya antara lain yakni baik untuk penderita asma, mampu menyembuhkan sakit tenggorokan, dan menambah stamina. Namun konsumsi kelelawar ini menjadi pro dan kontra setelah pandemi Corona di tahun 2020 merebak.



Simak Video "Berani Jajal Kue Cacing Ini?"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT