ADVERTISEMENT

Sederhana Tapi Nikmat, Tumis Terasi Ini Bikin Tambah Nasi Terus

Yenny Mustika Sari - detikFood
Rabu, 14 Sep 2022 17:00 WIB
Tumis terasi viral yang enak buat makan nasi
Foto: Instagram @rissanaica
Jakarta -

Setiap orang memiliki kreasi makanan nikmat yang bisa bikin makan sampai tambah nasi. Wanita ini bikin tumis terasi yang tampak menggugah selera.

Kreasi masakan yang sederhana namun tetap nikmat kerap membuat orang lahap makan. Meskipun hanya terbuat dari terasi saja, kenikmatannya melebihi makan dengan lauk lezat.

Wanita bernama Rissa yang aktif di Instagram @rissanaica ini membuat kreasi terasi viral. Yaitu tumis terasi yang mencuri perhatian banyak orang.

Telah dikonfirmasi oleh detikFood (13/9), tumis terasi itu ternyata resep ibu dari Rissa. Karena ia menyukainya, maka dibuat menjadi konten dan ramai ditonton.

Tumis terasi viral yang enak buat makan nasiTumis terasi viral yang enak buat makan nasi Foto: Instagram @rissanaica

Baca Juga: 7 Kafe Hits di Canggu yang Punya Pastry dan Racikan Kopi Enak

"Ini sebenarnya resep dari ibu aku," ujar Rissa kepada detikFood.

Tumis terasi ini terbuat dari bahan yang mudah sekali dicari. Hanya membutuhkan bawang merah, cabe rawit, tomat hijau, dan terasi saja.

Cara membuatnya juga mudah. Bawang merah dan cabe rawit dipotong besar. Lalu digoreng dalam minyak yang lumayan banyak bersama tomat hijau berukuran kecil utuh.

Setelah bahan yang digoreng agak layu, masukkan terasi yang telah dimasak dan dihaluskan. Aduk semua bahan sampai tercampur merata.

Tumis terasi yang aromanya semerbak ini bisa langsung dituangkan ke atas nasi panas. Kamu bisa menikmatinya begitu saja atau ditambahkan lauk sesuai selera. Seperti tempe atau ayam goreng.

Tumis terasi viral yang enak buat makan nasiTumis terasi viral yang enak buat makan nasi Foto: Instagram @rissanaica

Baca Juga: Resep Pembaca: Resep Jalangkote, Pastel Renyah Khas Makassar

Rissa menjelaskan dalam videonya kalau cabe rawit merah bisa diganti dengan cabe rawit hijau. Untuk terasi yang digunakan juga bebas menggunakan jenis dan merek apa.

Karena Rissa tinggal di Lampung, ia menggunakan terasi lokal. "Kalau kami di Lampung biasanya pakai terasi lokal di sini. Terasi mentah yang sebelum disimpan atau digunakan harus dibakar dulu," ungkap Rissa.

"Yang terkenal di Lampung ada dari labuhan Maringgai Lampung Timur atau Menggala, tapi biasanya kalau mau terasi yang enak ada di pasar. Namanya Pasar Bawah karena dikenal segala jenis terasi atau lalapan khas lampung ada disana," jelasnya.

Tumis terasi viral yang enak buat makan nasiTumis terasi viral yang enak buat makan nasi Foto: Instagram @rissanaica

Kreasi tumis terasi yang dibuat oleh Rissa ini membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya. Setelah mencobanya sendiri, mereka mengaku kalau rasanya nikmat sekali.

"Tadi nyobain bikin tapi sedikit ternyata enak banget kak," komentar netizen.

"Jadi pengen coba kayaknya enak banget," sahut netizen lain.

Baca Juga: Resep Ikan Kembung Bakar ala Rumah Makan Padang yang Pedas Nampol



Simak Video "Masak Masak: Ayam Panggang Bumbu Terasi Spesial"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT