ADVERTISEMENT

5 Adab yang Baik saat Minum sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW

Riska Fitria - detikFood
Jumat, 26 Agu 2022 06:00 WIB
Adab minum sesuai sunah Nabi Muhammad SAW
Foto: iStock
Jakarta -

Nabi Muhammad SAW telah mengajarkan adab-adab yang baik saat minum. Adab-adab itu juga termasuk sunnah Rasulullah yang dapat memberikan manfaat jika diikuti.

Belakangan ini ramai aksi Thariq Halilintar yang memilih berjongkok di antara teman-temannya yang berdiri ketika minum saat menghadiri sebuah acara.

Aksi tersebut kemudian mencuri perhatian netizen sehingga ramai jadi perbincangan. Bukan hanya Thariq, sang kakak Atta Halilintar juga pernah kedapatan memilih jongkok saat minum.

Banyak netizen yang memuji aksi kakak beradik tersebut. Mengingat minum sambil duduk adalah adab yang baik sesuai yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, dalam sunnah Nabi Muhammad SAW juga mengajarkan adab-adab yang baik saat minum. Berikut adab-adab tersebut:

1. Tidak Minum Sambil Berdiri

Adab minum sesuai sunah Nabi Muhammad SAWAdab minum sesuai sunah Nabi Muhammad SAW tidak sambil berdiri. Foto: iStock

Nabi Muhammad SAW mengajarkan untuk tidak minum sambil berdiri. Itu dijelaskan dalam hadis yang artinya, "Janganla seseorang dari kalian minum dengan berdiri, apabila ia lupa, makamuntahkanlah," (HR Muslim).

Secara ilmiah, minum sambil berdiri dapat menyebabkan keseimbangan cairan dalam tubuh. Sebab, air yang masuk ke dalam tubuh akan tersebar ke dinding dan menyebabkan kerusakan sistem pencernaan.

Baca Juga: Ajaran Islam Untuk Menjamu Tamu dengan Makanan yang Baik

2. Minum pakai Tangan Kanan

Rasulullah SAW menganjurkan untuk makan dan minum menggunakan tangan kanan. Seperti yang dijelaskan dalam hadis dari Hafsah binti Umar ra yang artinya:

"Bahwasannya Rasulullah selalu menggunakan tangan kanan untuk makan, minum, dan berpakaian. Dan beliau menggunakan tangan kirinya selain itu," HR Abu Daud.

Dijelaskan bahwa orang yang makan dan minum pakai tangan kiri sama saja meniru adab setan. Dari sisi kesehatan, tangan kanan jauh lebih terjaga kebersihannya daripada tangan kiri.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT