Beda dengan Nasi Cadong, Ini Menu Makanan Sehari-hari di Penjara Malaysia

ADVERTISEMENT

Beda dengan Nasi Cadong, Ini Menu Makanan Sehari-hari di Penjara Malaysia

Sonia Basoni - detikFood
Rabu, 24 Agu 2022 19:30 WIB
Beda dengan Nasi Cadong, Ini Menu Makanan Sehari-hari di Penjara Malaysia
Foto: Site News
Jakarta -

Menu makanan di penjara setiap negara tentunya berbeda. Di Malaysia contohnya, banyak menu makanan yang cukup lengkap.

Jika di penjara Indonesia dikenal dengan nasi cadongnya sebagai menu makanan sehari-hari para narapidana, yang berisi nasi putih, sayur, tempe atau ikan asin.

Di Malaysia, menu makanan di penjara sana cukup beragam. Dilansir dari WOB (24/06), menu makanan penjara di Malaysia ini mencuat usai Najib Razak selaku mantan Perdana Menteri Malaysia dipenjara gegara kasus korupsi.

Baca Juga: 10 Menu Makanan Narapidana di Penjara Berbagai Negara, Jepang hingga Indonesia" selengkapnya

Banyak orang yang penasaran, seperti apa makanan di penjara yang akan disantap Najib. Menurut dari keterangan para mantan narapidana di sana, biasanya penjara di Malaysia menyajikan lima menu makanan dalam sehari.

Seperti sarapan, makan siang, waktu ngeteh, makan malam dan camilan di malam hari. Tentunya menu makanan ini terbilang cukup beragam, dibandingkan dengan penjara di negara lainnya yang kebanyakan hanya tiga kali waktu makan saja.

Beda dengan Nasi Cadong, Ini Menu Makanan Sehari-hari di Penjara MalaysiaIlutrasi menu makanan di penjara. Foto: Site News

Untuk menu makananya kebanyakan para narapidana menyantap nasi putih dengan sup sayur. Kadangmereka diberikan juga sayur tumis, dan beberapa lauk yang mengandung protein seperti telur dan sebagainya.

"Kalau menu makannya, mereka kasih kita itu nasi, ikan goreng tapi ukurannya sangat kecil, sekitar tiga ruas jari. Sayurnya kadang pakai kangkung, terus pakai kuah-kuah (sup). Tapi itu tidak ada rasanya, kaya air keran," ungkap Wan Ji Wan, selaku mantan narapidana yang pernah ditahan di penjara Kajang, tempat Najib ditahan.

"Lalu setiap pagi kita dikasih teh, tapi saya tidak tahu itu apa, warnanya mirip teh. Mereka juga kasih sarapan bubur, tapi tidak mengandung nasi, jadi kaya air saja gitu. Kita makannya juga kaya minum air. Kemudian mereka kasih kita biskuit kecil sama roti. Itu saja sih menu makanannya," lanjut Wan.

Begitu juga dengan air minum, para narapidana harus minum air keran. Banyak narapidana yang setuju bahwa makanan yang disajikan di penjara itu tidak sehat.

Dalam satu sel biasanya diisi dengan enam narapidana, dengan kondisi sel yang kotor dipenuhi tungau hingga kotoran lainnya.

Sementara itu, pemerintah Malaysia memiliki anggaran makan yang berbeda untuk setiap penjara yang ada di negara itu. Untuk di penjara Marang contohnya, satu orang narapidana memiliki anggaran RM 41 (Rp 135.800) dalam sehari.

Malaysia memiliki 38 penjara yang aktif beroperasi. Jika dihitung-hitung, setiap tahun dikeluarkan biaya RM 6 juta (Rp 20 Miliar) per tahunnya hanya untuk biaya hidup para narapidana di Malaysia. Jumlah ini tentunya bisa lebih besar karena anggaran setiap penjara berbeda.


Baca Juga: Pria Ini Tunjukkan Menu Makanan di Penjara, Banyak Residivis Berkomentar" selengkapnya



Simak Video "Bikin Laper: Nagihnya Pad Thai Udang Jumbo di Pasar Thailand"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT