ADVERTISEMENT

Pria Ini Tunjukkan Menu Makanan di Penjara, Banyak Residivis Berkomentar

Devi Setya - detikFood
Jumat, 04 Mar 2022 18:30 WIB
Menu Makanan di Penjara
Foto: TikTok @fran_kky
Jakarta -

Seorang pria petugas penjaga Lembaga Permasyarakatan (Lapas) menunjukkan video menu makanan untuk para tahanan. Ternyata banyak residivis yang ikut berkomentar.

Makanan di penjara sering menjadi perbincangan karena dianggap tidak layak. Bahkan ada sebutan khusus untuk menu makanan para tahanan ini, mereka sering menyebutnya nasi cadong. Nasi cadong sendiri adalah sebutan untuk menu makanan super sederhana yang disantap para tahanan.

Seorang petugas penjaga lapas membuat video yang menunjukkan aktivitas pengolahan makanan di lapas. Video ini kemudian diunggah lewat akun Tiktok @fran.kky dan menuai banyak komentar netizen.

Pria bernama Franky ini bertugas di Lapas Perempuan Bengkulu. Ia merekam aktivitas di dapur lapas ketika jelang jam makan.

Menu Makanan di PenjaraMenu Makanan di Penjara Foto: TikTok @fran_kky

Terlihat beberapa wanita sibuk mengolah masakan. Mereka mengenakan pakaian masak lengkap dengan celemek, topi masak,masker dan juga sarung tangan. Semua proses masak terlihat bersih, demikian juga dengan menu makanannya yang lengkap dan tampak menggoda.

"Proses penyajian makanan bagi narapidana pada lapas," tulis Franky pada video yang sudah dikonfirmasi Detikcom (4/3).

Menu makanannya sendiri cukup komplet terdiri dari nasi, ikan, tahu dan sayuran. Bahkan terdapat pisang juga sebagai buah pelengkap. Semua dikemas dalam wadah makan plastik.

Franky mengunggah video ini pada Rabu (2/3) dan langsung mengundang perhatian netizen. Hingga hari ini videonya sudah disaksikan lebih dari 2,4 juta kali.

Ribuan komentar pun terlihat meramaikan video soal makanan di lapas ini. Sebagian besar netizen yang berkomentar adalah residivis ataupun orang-orang yang keluarganya pernah mendekam di penjara.

Dari isi komentarnya banyak yang tidak percaya dengan pengolahan dan penyajian makanan yang ditunjukkan Franky lewat video. Bahkan banyak yang membeberkan pengalaman pribadinya ketika menjadi tahanan.

"Itu peraturan yang di anjurkan dari pemerintah Indonesia, kata temen saya kenyataan y tidak seperti itu yang sayur nya hambar kadang seperti basi," ujar netizen m

"Nasi nya mentah, kadang ikan yg dibagi di ambil tahanan lain,kadang cuma dpt nasi aj, kadang sayur nya dapat tinggal kuah nya aj," beber netizen lain.

"Pak,saya seorang residivis, jadi saya tahu apa yg sebenarnya terjadi di dalam sana. alhamdulillah jika saat ini makanannya sudah begitu. sehat selalu pak," sahut mantan residivis.

Franky yang bertugas di Lapas Perempuan Bengkulu ini juga menjelaskan soal peraturan pemerintah terkait penyediaan makanan untuk para tahanan. "Bagi yang belum percaya Yok Silahkan Baca & Pelajari PERMENKUMHAM No 40 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Makanan Bagi Nadapidana," ujar Franky.

Kepada Detikcom (4/3) Franky juga menegaskan bahwa video yang ia buat memang kondisi nyata, bukan untuk pencitraan semata.

Menu Makanan di PenjaraMenu Makanan di Penjara Foto: TikTok @fran_kky

"Percaya atau tidak ini adalah Kenyataan cara Pemberian Makanan di Lapas Perempuan Bengkulu, Untuk Enak atau tidak kembali lagi di Tingkat Syukur kita," kata Franky. Ia juga mengakui banyak yang pro dan kontra dengan video buatannya.

Lebih lanjut, Franky mengatakan ia dan rekan-rekannya yang bekerja di Lapas Perempuan Bengkulu selalu mencoba memberikan yang terbaik sesuai aturan untuk warga binaan.

"Lapas Perempuan Bengkulu hanya berusaha memberikan Pelayanan sesuai dengan Aturan yang telah ditetapkan," tambahnya.

Dalam video lain pun Franky banyak membagikan aktivitas di lapas. Diantaranya berkebun, pelatihan membuat jus kemasan hingga kegiatan memasak.



Simak Video "Bakpia Mbah Wiro 378 Olahan Napi Lapas Wirogunan"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT