Sedih! Banyak Restoran Legendaris Puluhan Tahun Terpaksa Tutup Permanen

ADVERTISEMENT

Restoran Legendaris Tutup

Sedih! Banyak Restoran Legendaris Puluhan Tahun Terpaksa Tutup Permanen

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 24 Agu 2022 14:30 WIB
Restoran tutup
Foto: Getty Images/iStockphoto/amstockphoto
Jakarta -

Karena berbagai hal, beberapa restoran yang dikenal legendaris ini terpaksa harus tutup permanen. Bahkan sampai ada yang menjual resepnya.

Kualitas sebuah restoran bisa dilihat dari lamanya beroperasi. Restoran yang sudah belasan hingga puluhan tahun beroperasi pasti sudah tak diragukan lagi rasa dan kualitasnya.

Restoran itulah yang dikenal dengan sebutan legendaris. Biasanya, mereka menyajikan makanan dengan resep yang diwariskan secara turun temurun dari generasi pertama.

Rasa makanan yang konsisten lezatnya itu membuat pengunjung menjadikan restoran tersebut sebagai langganan. Namun sayang, tak sedikit restoran legendaris terpaksa tutup permanen.

Baca Juga: Sedih! Restoran Ini Terpaksa Dijual Karena Pemiliknya Sakit

Restoran bubur tutup setelah 33 tahunRestoran bubur tutup setelah 33 tahun karena kiosnya diminta oleh pemilik. Foto: Facebook

Karena berbagai hal, restoran legendaris terpaksa tutup permanen setelah puluhan tahun beroperasi. Itu banyak terjadi saat masa pandemi COVID-19 kemarin.

Di samping itu ada juga yang disebabkan karena tak ada generasi penerus. Sementara, pemilik yang sudah berusia lanjut sudah merasa tak sanggup menjalani usaha.

Seperti restoran Old Master Roasted Grill yang berada di Singapura. Restoran tersebut merupakan milik seorang kakek 82 tahun bernama Cho Siew Wan.

Ia mengatakan bahwa pekerjaannya tidaklah mudah, sebab ia harus memanggang beratus-ratus kilogram daging babi dan bebek di atas arang dari pagi hingga malam.

Baca Juga: Kisah Warung Daging Milik Kakek 82 Tahun Harus Tutup Meski Laris

Restoran tutup karena salah satu pegawainya sakitRestoran tutup karena salah satu pegawainya sakit Foto: stokesentinel.co.uk / FAHAD TARIQ

Dan pekerjaannya tersebut dilakukan seorang diri. Ada juga restoran legendaris yang tutup permanen lantaran pemilik sakit dan ada pula yang wafat.

Alasan lain mengapa restoran legendaris tutup permanen karena dihimpit biaya. Seperti yang terjadi di restoran Michelin bernama Ka-Soh yang ada di Singapura.

Begitu juga dengan restoran bubur di Thailand yang sudah beroperasi 33 tahun tetapi terpaksa tutup karena kiosnya diambil alih oleh pemilik kios yang sesunggunya.

Pemilik restoran yang juga sudah lanjut usia itu lantas berencana untuk menjual resep bubur mereka dengan harga Rp 5,3 miliar. Ia juga akan mengajarkan cara memasaknya.

Hal ini banyak disayangkan oleh para pelanggan. Nah, di ulasan detikFood kali ini kami akan menceritakan perjalanan restoran-restoran legendaris yang terpaksa harus tutup permanen. Simak terus ya!

Baca Juga: Kondisinya Lemah, Kakek 90 Tahun Ini Pilih Jualan Tahu daripada Pensiun



Simak Video "Makan Sukiyaki 'Peninggalan' Warkop DKI"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT