Oishii! Nasi Terong Bakar Ini Disebut Versi Vegan Nasi Unagi

ADVERTISEMENT

Oishii! Nasi Terong Bakar Ini Disebut Versi Vegan Nasi Unagi

Sonia Basoni - detikFood
Rabu, 24 Agu 2022 07:00 WIB
Oishii! Nasi Terong Bakar Ini Disebut Versi Vegan Nasi Unagi
Foto: SoraNews24
Jakarta -

Menu nasi dan terong bakar ternyata cukup digemari oleh warga Jepang. Bahkan banyak yang menyebut rasanya mirip dengan nasi ikan sidat bakar atau unagi.

Di Jepang menu unagi yang dibuat dengan ikan sidat, yang menyerupai belut sudah jadi makanan sehari-hari sejak dulu. Biasanya unagi disajikan sebagai lauk bento, dengan nasi dan sup miso.

Namun kini muncul varian baru, menu unagi versi vegetarian yang diolah dari terong bakar. Dilansir dari SoraNews24 (23/08), menu nasi dan terong bakar ini bisa ditemukan di restoran Kawatomi, yang ada di Prefektur Gunma.

Meski letak restoran ini berada di pinggiran kota Tokyo, tapi suasananya di sana masih pedesaan sehingga menu makanan yang disajikan tentunya berbeda dengan di Tokyo.

Di sana menu populernya ada Nasu No Kabayaki atau terong bakar/panggang. Padahal tampilannya mirip sekali dengan unagi yang menggunakan ikan.

Oishii! Nasi Terong Bakar Ini Disebut Versi Vegan Nasi UnagiOishii! Nasi Terong Bakar Ini Disebut Versi Vegan Nasi Unagi Foto: SoraNews24

Menu ini dibuat dadakan, harganya sekitar 1,110 yen (Rp 120.000), disajikan dalam kotak makan dan sup miso serta acar. Tampilannya juga mirip dengan menu unagi yang asli, bahkan nyaris tidak ada bedanya.

Baca Juga: Lamaknyo Karabu Baluik, Salad Unagi Khas Minang" selengkapnya

Mulai dari warna terong, tekstur terong hingga aromanya pun mirip. Untuk rasanya, terong bakar ini dipanggang dengan tingkat kematangan yang sempurna. Rasa terongnya tetapkuat, tekstur terong meski lembut dan empuk tapi tidak mudah hancur.

Sebelum dipanggang, terong lebih dulu dimarinasi dengan saus khusus. Bagian bawah terong bakar diisi dengan irisan daging ayam panggang

Bahkan banyak orang yang sudah mencoba menu nasi terong ini, lebih memilih menyantap terong bakar dibanding unagi. Karena menurut mereka rasa dan teksturnya lebih enak ketimbang ikan asli.

Tak heran menu nasi terong di restoran Kawatomi ini selalu laris terjual. Banyak orang yang tinggal di luar kota, rela untuk memesan menu nasi terong bakar ini lewat situs resmi restoran.

Namun bagi penggemar unagi sejati, bisa mampir ke daerah Nagoya. Di sana terkenal dengan menu unagi gaya kabayaki yang dipanggang di atas bara api, tanpa proses kukus lebih dulu sehingga rasanya lebih gurih.

Baca Juga: Lembut Gurih Hitsumabushi, Unagi Panggang Khas Nagoya" selengkapnya



Simak Video "Bikin Laper: Pedas Nikmat Ayam Geybok Bang Jarwo"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT