Lembut Gurih Hitsumabushi, Unagi Panggang Khas Nagoya

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 12 Sep 2018 15:40 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Nagoya - Selain udon berkuah miso, jika ke Nagoya wajib mencicipi unagi. Belut panggang di sini bumbunya lebih ringan dan segar.

Selain sushi, unagi atau belut panggang mudah ditemui di berbagai tempat. Bahkan di kota-kota besar dunia termasuk Jakarta juga mudah mendapatkan unagi.
Lembut Gurih Hitsumabushi, Unagi Panggang Khas NagoyaFoto: dok. detikFood
Sajian ini berupa daging ikan belut yang sudah dibelah membujur, diambil tulangnya lalu dikukus sebentar. Selanjutnya diolesi dengan saus kabayaki yang terbuat dari campuran shoyu, gula dan sake.

Saus ini dioleskan pada daging belut yang dipanggang. Lalu belut dikukus sebentar dan dipanggang lagi hingga kecokelatan dan terbentuk karamel. Kemudian belut disajikan di atas nasi hangat. Disebut unadon atau unagi donburi.

Baca Juga : Sluurp! Hangat Gurih Udon Berkuah Miso Merah Khas Nagoya
Lembut Gurih Hitsumabushi, Unagi Panggang Khas NagoyaFoto: dok. detikFood
Unagi gaya kabayaki ini populer di Tokyo dan tak ditemui di Nagoya. Di sini sajian unagi dikenal dengan nama hitsumabushi. Berasal dari kata 'hitsu' yang artinya wadah dan 'mabusu' yang artinya potongan kecil.

Konon sajian ini dikenal di akhir era kekaisaran Meiji. Di Nagoya ungai dimasak dan disajikan dengan cara berbeda. Tampilannya lebih pucat dari unagi gaya Tokyo.

Ini karena fillet unagi segar dimasak dengan olesan bumbu dan dipanggang di atas bara api tanpa proses dikukus. Proses ini membuat lemak belut meleleh dan menyatu dengan dagingnya. Meskipun warnanya cokelat muda tetapi rasanya lebih gurih.

Unadon, uangi donbori disajikan dalam satu baki atau satu set. Terdiri dari unadon dalam mangkuk kayu, acar do piring kecil, satu wadah berisi wasabi dan daun bawang yang diris kasar serta satu poci kaldu panas serta sup bening.

Untuk menyantapnya juga tidak sekaligus seperti unagi gaya Tokyo. Tetapi ada 4 tahapan. Yang pertama, bagi unadon menjadi 4 bagian dalam wadahnya. Ambil satu bagian taruh dalam mangkuk dan nikmati seperti umumnya unadon.

Bagian kedua unagi berikut nasinya bisa ditaruh dalam mangkok. Kali ini ditambahkan sedikit wasabi, ditaburi daun bawang dan potongan nori.
Lembut Gurih Hitsumabushi, Unagi Panggang Khas NagoyaFoto: dok. detikFood
Pada bagian ketiga, nasi dan uangi ditaruh dalam mangkok dan kali ini bisa dituangi kaldu panas yang disediakan. Kaldu panas akan membuat nasi jadi sedikit lembek, kuahnya juga menjadi lebih gurih terkena saus unagi.

Suka yang mana? Anda bisa mengulang kembali menikmati cara yang Anda sukai. Cara 1,2 atau 3. Karena porsinya lumayan besar, dijamin kenyang.

Jika ingin menikmati hitsumabushi di Nagoya ada beberapa restoran yang menyediakan menu ini. Salah satunya Unagi Shirakawa Joshin Honten yang memiliki beberapa cabang di Nagoya.
Lembut Gurih Hitsumabushi, Unagi Panggang Khas NagoyaFoto: dok. detikFood

Selain unadon, beragam menu unagi juga disajikan seperti tamago unagi, tulang unagi goreng. Juga beragam menu ikan dan masakan Jepang lainnya.

Baca Juga : Kamikaze Karaage: Renyah Juicy Chicken Wings dari Nagoya

(sob/odi)