ADVERTISEMENT

Begini Rasa Mie Instan Terpedas di Indonesia, Pakai Ghost Pepper!

Atiqa Rana - detikFood
Jumat, 19 Agu 2022 16:00 WIB
Begini Rasa Mie Instan Terpedas di Indonesia, Pakai Ghost Pepper!
Foto: Detikcom / Atiqa Rana
Jakarta -

Ada banyak mie instan pedas di Indonesia, namun mie instan ini disebut-sebut menjadi yang terpedas karena pakai cabe ghost pepper. Seperti apa rasanya?

Mie instan menjadi pilihan makanan paling praktis dan dikenal lezat. Banyak orang menggemari mie instan aneka rasa, termasuk mie yang memiliki sensasi rasa pedas.

Ada banyak ragam mie instan pedas yang telah hadir di Indonesia. Tetapi merek mie instan inilah yang disebut-sebut menjadi terpedas di Indonesia karena menggunakan jenis cabe yang masuk ke dalam 10 cabe terpedas di dunia, yaitu ghost pepper.

Mie instan terpedas ini dikeluarkan oleh merek camilan dan mie instan asal Malaysia, Mamee. Namun kini Mie instan Mamee Monster x Daebak Ghost Pepper juga sudah dipasarkan oleh Mamee Indonesia yang diimpor oleh PT.Unirama Sukses Internasional DKI Jakarta.

Mamee Ghost Pepper tak hanya mengeluarkan satu varian rasa mie instan pedas, tetapi ada 3 varian rasa yang berbeda. Mulai dari mie ghost pepper creamy kari lontong, mie ghost pepper spicy beef mushroom, hingga mie ghost pepper rasa mie goreng Indonesia.

Meski ada tiga varian yang berbeda, tetapi semua mie sudah dilengkapi dengan bumbu khas ghost pepper tadi.

Baca Juga : 5 Merek Mie Instan Favorit Orang Indonesia, Nomor 1 Posisinya Melesat

detikFood tertarik menjajal ketiganya. Pada bagian depan dan belakang semua kemasan Mamee Ghost Pepper, diberi keterangan 'set your limit' yang berarti minyak cabe ghost pepper yang disediakan bisa dipakai sesuai level pedas yang diinginkan.

Ada juga peringatan yang tidak memperbolehkan mie ini dikonsumsi oleh anak-anak.

Ukuran mie instan ini lebih besar dan tebal dibandingkan mie instan lokal lainnya. Tekstur dan ukuran mie lebih mirip seperti mie instan Korea Selatan yang tebal dan keriting.

Diawali dengan Mamee Ghost Pepper varian creamy kari lontong dengan kemasan berwarna hitam dan kuning. Produk ini dideskripsikan sebagai mie instan kuah dengan rasa kari lontong yang creamy.

Begini Rasa Mie Instan Terpedas di Indonesia, Pakai Ghost Pepper!Produk ini dideskripsikan sebagai mie instan kuah dengan rasa kari lontong yang creamy. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Di dalamnya terdapat 4 bumbu yang berbeda yaitu bubuk krimer, bubuk bumbu (seasoning), pasta cabai, dan juga minyak cabe ghost pepper.

Semua bumbu tersebut memiliki takaran yang cukup banyak. Untuk pasta cabe sendiri berwarna hitam dan pekat.

Begini Rasa Mie Instan Terpedas di Indonesia, Pakai Ghost Pepper!Di dalamnya terdapat 4 bumbu yang berbeda yaitu bubuk krimer, bubuk bumbu (seasoning), pasta cabai, dan juga minyak cabe ghost pepper. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Setelah mie dimasak dan semua bumbu diaduk rata, akan terlihat campuran kuah mie varian creamy kari lontong yang berwarna merah dari minyak cabe dan putih dari creamer yang memang mengandung susu.

Bisa dibilang, varian kari lontong ini memiliki kuah yang hampir mirip dengan laksa Singapura namun lebih creamy.

Soal rasa juga mirip dengan laksa Singapura namun ada rasa pedas yang menggigit. Sensasi pedas awalnya hanya di tenggorokan, namun lama-kelamaan akan menyebar di sekitar mulut.

Minyak cabe ghost pepper terasa namun jika kuah diseruput, rasa pedasnya lebih dominan seperti rasa lada pedas.

Diantara varian lainnya, creamy kari lontong memiliki tingkatan yang paling pedas. Sementara sensasi pedas akan membekas dan cukup lama untuk menghilang.

Varian creamy kari lontong memiliki berat nett sebesar 119 gram, dengan harga yang dibanderol mulai dari Rp 16.000 hingga 22.000, tergantung supermarket atau toko online.

Baca Juga : Mie Gacoan Tak Bisa Disertifikasi Halal, Ini Penjelasannya

Beralih ke varian Ghost Pepper Spicy Beef Mushroom yang juga merupakan mie kuah dan dilengkapi dengan 4 bumbu. Tetapi ada perbedaan bumbu dari mie kuah varian sebelumnya.

Begini Rasa Mie Instan Terpedas di Indonesia, Pakai Ghost Pepper!Beralih ke varian Ghost Pepper Spicy Beef Mushroom yang juga merupakan mie kuah dan dilengkapi dengan 4 bumbu. Tetapi ada perbedaan bumbu dari mie kuah varian sebelumnya. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Produk ini terdiri dari bubuk bumbu, bubuk krimer, minyak cabe ghost pepper, dan sayuran kering.

Begini Rasa Mie Instan Terpedas di Indonesia, Pakai Ghost Pepper!Produk ini terdiri dari bubuk bumbu, bubuk krimer, minyak cabe ghost pepper, dan sayuran kering. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Meskipun sama-sama ada bubuk krimer, namun warna kuahnya cukup berbeda. Warnanya merah saja namun tetap creamy. Varian ini juga memiliki kuah yang berminyak karena campuran minyak cabe ghost pepper itu.

Rasanya mirip dengan Shin Ramyun original, namun dengan kuah yang lebih ringan dan sensasi yang lebih pedas. Kuahnya juga gurih, dan terasa jamur dari sayuran keringnya.

Soal pedas, varian ini tidak sepedas creamy kari lontong. Tetapi tetap saja mie ini memberikan sensasi pedas yang luar biasa dan membekas di mulut.

Dalam kemasan tertera berat nett mie sebesar 103 gram. Untuk harganya juga sama dengan varian mie kuah sebelumnya, berkisar Rp 16.000 hingga Rp 22.0000.

Varian mie instan Mamee Ghost Pepper yang terakhir adalah mie goreng Indonesia. Untuk varian mie goreng, ada bumbu yang lebih banyak dibandingkan varian kuah.

Begini Rasa Mie Instan Terpedas di Indonesia, Pakai Ghost Pepper!Varian mie instan Mamee Ghost Pepper yang terakhir adalah mie goreng Indonesia. Untuk varian mie goreng, ada bumbu yang lebih banyak dibandingkan varian kuah. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Dalam kemasan disediakan 5 bumbu yang berbeda seperti bubuk bumbu, bumbu pasta, saus sambal, kriuk, dan minyak ghost pepper.

Bumbu pasta tidak seperti yang ada di varian creamy lontong kari, karena pada varian ini bumbu pasta lebih sedikit jumlahnya dan lebih berminyak.

Begini Rasa Mie Instan Terpedas di Indonesia, Pakai Ghost Pepper!Dalam kemasan disediakan 5 bumbu yang berbeda seperti bubuk bumbu, bumbu pasta, saus sambal, kriuk, dan minyak ghost pepper. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Sementara saus sambal nya pun berbeda dari mie goreng lokal. Mie goreng ini memiliki saus sambal berwarna cokelat kuning.

Ketika mie dan bumbu diaduk rata, akan menghasilkan warna mie yang lebih coklat dibandingkan mie goreng lokal lainnya.

Perihal rasa ternyata Mamee Ghost Pepper varian mie goreng Indonesia cukup mirip dengan mie goreng Indomie.

Tetapi karena jumlah bumbu dan berat mie yang lebih banyak, sehingga terasa lebih asin.

Meskipun di awal suapan ada rasa gurih asin, namun lama kelamaan akan hadir sensasi pedas dari minyak ghost pepper itu.

Diantara varian lainnya, tingkat kepedasan mie goreng ini bisa dibilang paling minim pedasnya. Tetapi sepertinya tetap tidak bisa ditoleransi oleh mereka yang tidak suka pedas. Sementara rasa pedasnya juga seperti lada.

Dalam kolom informasi, mie goreng Indonesia memiliki berat nett sebesar 121 gram. Harganya lebih murah dibandingkan varian mie kuah yaitu sekitar Rp 16.000 hingga Rp 19.000.

Baca Juga : 10 Mie Instan Jadul yang Langka dan Tak Lagi Diproduksi, Masih Ingat?



Simak Video "Melihat Surga Mie Instan di Jakarta Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT