Bangga! Ini 5 Kopi Terbaik Indonesia yang Sukses Mendunia

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Bangga! Ini 5 Kopi Terbaik Indonesia yang Sukses Mendunia

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 18 Agu 2022 07:30 WIB
Bangga! Ini 5 Kopi Terbaik Indonesia yang Sukses Mendunia
Foto: Getty Images

3. Kopi Liberika Riau

Indonesia juga punya kopi berkualitas yang hadir dari daerah Riau, tepatnya di wilayah Rangsang, Kepulauan Meranti, Provinsi Riau.

Kopi dari daerah ini cukup berbeda dari jenis kopi sebelumnya. Riau memiliki kopi jenis liberika yang merupakan kopi cukup langka.

Aroma dari kopi liberika Riau sendiri seperti aroma cokelat. Namun uniknya, ketika diminum, rasa kopi akan menjadi seperti sensasi ketika makan buah nangka.

Karena kopi ini cukup langka, sehingga harganya pun cukup mahal. Di pasaran, kopi liberika Riau bisa mencapai Rp 180-200 ribu per kilogramnya.

4. Kopi Wamena Papua

Bangga! Ini 5 Kopi Terbaik Indonesia yang Sukses MenduniaAda aroma cokelat, rempah, dan bunga yang berpadu dalam kopi Wamena ini. Sementara, rasa kopinya yaitu asam sedang yang bisa dinikmati oleh semua kalangan. Foto: Getty Images

Bagian timur Indonesia juga memiliki kopi yang memiliki cita rasa unik. Kopi ini berasal dari daerah Wamena, Papua.

Ada aroma cokelat, rempah, dan bunga yang berpadu dalam kopi Wamena ini. Sementara, rasa kopinya yaitu asam sedang yang bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Selain aroma dan rasa yang unik, ternyata kopi Wamena juga melalui proses penanaman yang cukup berbeda karena ditanam dengan menggunakan alat tradisional dan tanpa pupuk atau pestisida kimia. Bisa dikatakan kopi ini masih organik.

Para petani di Wamena, Papua benar-benar memilih kopi dengan kualitas yang tinggi. Karena itulah kopi Wamena, Papua menjadi potensi besar untuk diekspor ke negara lain.

5. Kopi Arabika Mandailing

Bangga! Ini 5 Kopi Terbaik Indonesia yang Sukses MenduniaDi pulau Sumatera ada lagi jenis kopi terbaik Indonesia. Melansir nescafe.com (17/08), kopi arabika Mandailing menjadi cukup spesial hingga kancah dunia yang biasa dikenal sebagai Sumatra Mandheling Coffee. Foto: Istimewa

Di pulau Sumatera ada lagi jenis kopi terbaik Indonesia. Melansir nescafe.com (17/08), kopi arabika Mandailing menjadi cukup spesial hingga kancah dunia yang biasa dikenal sebagai Sumatra Mandheling Coffee.

Hal itu dikarenakan kopi Mandailing memiliki tingkat keasaman yang rendah (low acid) sehingga sensasi rasanya ringan, namun intensitas kekentalannya tinggi.

Ternyata tekstur dan rasa itu disebabkan karena proses panen yang menggunakan teknik 'semi-wash' yang sering ingin diikuti oleh Amerika Latin. Dengan teknik tersebut, akhirnya kopi Mandailing selalu menjadi base espresso yang enak untuk segala campuran kopi.

Sementara untuk aroma dan rasanya, kopi Mandailing memiliki aroma herbal seperti rempah-rempah dan eksotis seperti cokelat ketika meminumnya.


(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT