ADVERTISEMENT

5 Tips Bersihkan Sutil dan Sendok Kayu Agar Awet dan Tak Bau

Atiqa Rana - detikFood
Selasa, 16 Agu 2022 13:30 WIB
5 Tips Bersihkan Sutil dan Sendok Kayu Agar Awet dan Tak Bau
Foto: Getty Images
Jakarta -

Alat masak kayu belakangan begitu populer. Alat masak ini bisa bertahan lama jika dirawat dengan baik. Coba lakukan 5 tips membersihkan berikut.

Alat masak kayu sudah digunakan sejak zaman dulu, namun sejak munculnya alat masak berbahan lain seperti stainless, banyak orang yang beralih menggunakan alat masak itu.

Tetapi tak sedikit juga mereka yang masih setia memakai alat masak kayu dengan desain yang lebih kekinian dan modern. Sebenarnya, alat masak kayu cukup awet jika dirawat dengan baik.

Alat masak ini punya keunggulan dari segi material yang dipakai. Kayu, seperti diketahui, memiliki sifat antibakteri daripada benda sintetis apapun.

Alat masak kayu yang biasa diambil dari pohon itu memang memiliki kemampuan bawaan untuk melawan infeksi, bakteri, serta jamur. Namun beberapa sendok kayu tetap memiliki kekurangan dalam hal rentan terhadap pewarna, mudah terbakar, hingga patah.

Tapi semua masalah itu bisa diatasi, asalkan dijaga dengan baik. Merangkum allrecipes.com (09/06/2021), berikut 5 tips bersihkan sutil hingga sendok kayu agar awet:

1. Cuci dengan Sabun

5 Tips Bersihkan Sutil dan Sendok Kayu Agar Awet dan Tak BauSama seperti alat masak pada umumnya, alat masak kayu juga bisa dicuci dengan sabun. Justru mencuci dengan air dan sabun sangat dianjurkan. Tetapi setelah mencuci, harus segera dikeringkan. Foto: Getty Images

Sama seperti alat masak pada umumnya, alat masak kayu juga bisa dicuci dengan sabun. Justru mencuci dengan air dan sabun sangat dianjurkan. Tetapi setelah mencuci, harus segera dikeringkan.

Cara ini bisa memperpanjang keawetan alat masak kayu. Gunakan spons untuk menggosok sisa-sisa kotoran dan jangan dimasukkan ke mesin mencuci piring.

2. Pakai Lemon dan Soda Kue

5 Tips Bersihkan Sutil dan Sendok Kayu Agar Awet dan Tak BauAlat masak, apapun bahannya, jika sering dipakai pasti bisa meninggalkan bau. Agar noda dan bau tidak menumpuk, alat masak kayu yang habis dipakai bisa dibersihkan dengan cara digosok permukaannya memakai potongan lemon atau soda kue. Foto: Getty Images

Alat masak, apapun bahannya, jika sering dipakai pasti bisa meninggalkan bau. Agar noda dan bau tidak menumpuk, alat masak kayu yang habis dipakai bisa dibersihkan dengan cara digosok permukaannya memakai potongan lemon atau soda kue.

Cara lain, menaburkan soda kue di bagian alat masak kayu yang ingin dibersihkan beserta perasan jeruk lemon. Biarkan bahan itu meresap sebentar. Barulah dicuci kembali dengan air sabun dan dibiarkan kering sepenuhnya.



Simak Video "Tips Ampuh Bersihkan Dapur Biar Nggak Jadi Sarang Virus Corona!"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT