ADVERTISEMENT

Soto Pak Sambo di Sukoharjo Curi Perhatian, Punya Siapa Ya?

Bayu Ardi Isnanto - detikFood
Selasa, 16 Agu 2022 08:00 WIB
Warung Soto Soponyono Pak Sambo, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Senin (15/8/2022).
Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikJateng
Sukoharjo -

Heboh kasus Irjen Ferdy Sambo membuat segala hal menyangkut Sambo ikut jadi sorotan. Salah satunya warung soto Pak Sambo ini. Ada di mana dan punya siapa ya?

Di wilayah Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, ada warung soto yang tengah jadi sorotan. Namanya Soto Soponyono Pak Sambo yang belakangan banyak difoto orang-orang.

Pemiliknya menduga hal ini lantaran nama soto mirip nama Irjen Ferdy Sambo yang kasusnya tengah ramai dibicarakan. "Tiga hari ini banyak difoto orang-orang, mungkin karena namanya sama (dengan Irjen Sambo). Kalau jumlah pelanggan kayaknya biasa saja," jelas Harmini, istri Tanto yang mengelola usaha soto.

Baca Juga: Resep Soto Gading Kuah Bening Favorit Jokowi yang Gurih Segar

Soto Soponyono Pak Sambo menyajikan soto ayam kampung seharga mulai dari Rp 5 ribu. Pemilik warung, Tanto (54), mengatakan usaha tersebut didirikan tahun 1980-an oleh ayahnya yang dikenal dengan nama Sambo. Sedangkan nama aslinya adalah Prapto Mulyono.

"Sambo itu nama panggilan almarhum ayah saya. Ini usaha sudah sekitar 40 tahun. Sekarang saya juga biasa disebut Tanto Sambo," kata Tanto saat dijumpai di warungnya, Senin (15/8/2022).

Warung Soto Soponyono Pak Sambo, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Senin (15/8/2022).Warung Soto Soponyono Pak Sambo, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Senin (15/8/2022). Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikJateng

Prapto Mulyono berasal dari Cilacap. Pindah ke Solo, dia memulai jualan kuliner soto dengan warung kaki lima.

Baca Juga: Mencicipi Es Teler dan Mie Ayam Misur di Sukoharjo, Buka Sejak 1975

"Dulu di depan situ, di pinggir jalan, kaki lima. Buka sore sampai malam itu pelanggan nggak berhenti datang. Tapi karena jalan diperlebar, kami sudah nggak bisa jualan di luar, jadinya masuk rumah. Sekarang nggak seramai dulu," jelasnya.

Selain soto ayam Rp 5 ribu, ada juga porsi besarnya yang dibanderol Rp 8 ribu. Semangkuk soto ini berisi kuah kaldu yang bening gurih, suwiran ayam kampung, tauge, dan potongan seledri.

Soto ayam kampung Pak Sambo makin nikmat dimakan dengan aneka lauk. "Yang biasanya dicari pelanggan itu lauknya. Ada tempe digoreng kering, sama sate ayam," tutupnya.

Baca artikel selengkapnya DI SINI.

Baca Juga: Soto Pak Sambo di Kartasura Kini Ramai Didatangi Orang, Milik Siapa?



Simak Video "Bikin Laper: Malatang Hotpot yang Nikmat dan Menghangatkan"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT