ADVERTISEMENT

Lezatnya Kuliner Manado

5 Kue Tradisional Manado yang Paling Populer Enaknya

Atiqa Rana - detikFood
Senin, 15 Agu 2022 08:00 WIB
5 Kue Tradisional Manado yang Paling Populer Enaknya
Foto: Detikcom / Yenny Mustika Sari
Jakarta -

Selain makanan berat, Manado juga memiliki beberapa kue tradisional yang khas. Mulai dari panada, balapis hingga kue cucur gula aren.

Kuliner Manado dikenal dengan cita rasa Yang pedas segar. Selain hidangan berat, Manado juga memiliki kue-kue tradisional yang tak kalah menggiurkan.

Kue kue khas Manado memiliki bentuk dan rasa yang beragam. Ada yang gurih, ada juga yang manis.

Berikut ini 5 jenis kue tradisional Manado yang populer legit dan gurihnya:

1. Panada

5 Kue Tradisional Manado yang Paling Populer EnaknyaPanada bisa disebut sebagai roti goreng yang bentuknya mirip pastel. Hanya saja diisi cakalang asap suwir yang pedas gurih. Foto: Detikcom / Yenny Mustika Sari

Panada bisa disebut sebagai roti goreng yang bentuknya mirip pastel. Hanya saja diisi cakalang asap suwir yang pedas gurih.

Konon roti goreng ini merupakan pengaruh dari Spanyol. Isiannya pampis cakalang yang padat jadi ciri lokalnya.

Pampis diolah dengan bahan terdiri dari suwiran ikan cakalang yang dimasak bersama bawang merah, daun jeruk, kemangi, cabe merah, dan juga daun bawang. Rasa isiannya akan sedikit pedas.

Isian tersebut akan dimasukkan dalam roti yang kemudian ditutup bentuk setengah lingkaran dan dipilin hingga rapat. Barulah kue ini akan digoreng hingga menjadi cokelat keemasan dan siap disantap.

2. Kue Cucur Manado

5 Kue Tradisional Manado yang Paling Populer EnaknyaUkuran kue cucur manado lebih besar dan tebal. Yang istimewa adonannya memakai kayu manis bubuk sehingga aromanya harum. Foto: Detikcom / Yenny Mustika Sari

Kue cucur mungkin bisa ditemukan di beberapa daerah. Tekstur lembut dengan rasa yang manis membuat kue cucur banyak digemari.

Bentuk kue cucur di beberapa daerah mungkin sama. Bahan utamanya pun juga terbuat dari tepung beras dan gula merah. Namun, ada sedikit perbedaan dari kue cucur Manado.

Ukuran kue cucur manado lebih besar dan tebal. Yang istimewa adonannya memakai kayu manis bubuk sehingga aromanya harum. Gulanya memakai gula aren hingga warnanya cokelat gelap.

Biasanya orang Manado menyantap kue cucur itu dengan pendamping kopi atau teh hangat.



Simak Video "Bikin Laper: Kenikmatan Nasi Bakar Cakalang yang Unik"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT