5 Fakta Tinutuan, Bubur Manado yang Terbuat dari Beragam Sayuran

ADVERTISEMENT

Lezatnya Kuliner Manado

5 Fakta Tinutuan, Bubur Manado yang Terbuat dari Beragam Sayuran

Riska Fitria - detikFood
Kamis, 11 Agu 2022 08:00 WIB
Bubur Manado
Foto: iStock
Jakarta -

Jika di Sukabumi ada bubur ayam, maka di Manado ada tinutuan. Bubur sayuran ini memiliki keistimewaan pada bahan, proses hingga cita rasa.

Tinutuan adalah bubur khas Manado yang terbuat dari bahan nabati. Mulai dari campuran beras, ubi jalar kuning atau labu kuning, bayam, kangkung, jagung, kemangi, dan daun gedi.

Biasanya tinutuan dijadikan sebagai menu sarapan yang kemudian disajikan dengan lauk pelengkap. Seperti ikan asin goreng dan sambal. Belum jelas kapan bubur ini pertama kali dibuat.

Dikutip dari Makanan Indonesia Weebly, tinutuan mulai ramai diperdagangkan di sudut kota Manado sejak tahun 1970 dan ada juga yang mengatakan sejak tahun 1981.

1. Asal-usul Tinutuan

Bubur ManadoKonon, berdasarkan cerita orang dulu, tinutuan tercipta karena keadaan ekonomi masyarakat Manado saat itu sangat buruk. Foto: iStock

Konon, berdasarkan cerita orang dulu,tinutuan tercipta karena keadaan ekonomi masyarakatManado saat itu sangat buruk. Kemudian mereka memanfaatkan sayuran yang banyak ditanam di sekitar rumah.

Sayuran tersebut lalu dicampur dengan sedikit beras hingga terciptakan bubur Manado yang kini populer disebut tinutuan, seperti yang dikutip dari PenerusTransformasi.com.

Baca Juga: 5 Restoran Manado di Bintaro Ini Punya Nasi Kuning Woka hingga Tinoransak

2. Ciri Khas Tinutuan

Cara memasak bubur tinutuan sama seperti memasak bubur pada umumnya. Ciri khas bubur ini adalah penggunaan daun gedi, sayuran yang populer di Talaud di Utara hingga ke Bolaang Mongondow di Selatan.

Bubur ini me,akai campuran beragam dedaunan yang ada di pekarangan. Seperti daun bawang, daun pandan muda, daun kemangi, daun bayam ataukangung dan daungedi. Daungedi berbentuk seperti telapak tangan dan jika dimasak akanmemngeluarkan lendir dan membuat bubur jadi kental alami.



Simak Video "Masak Masak: Resep Bubur Manado Sambal Roa"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT