ADVERTISEMENT

Lezatnya Kuliner Manado

Pakai Banyak Rempah Segar Jadi Rahasia Lezat Hidangan Minahasa

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 09 Agu 2022 15:31 WIB
KULINER MANADO
Foto: Getty Images/iStockphoto/
Jakarta -

Kuliner Manado tak kalah lezat dari daerah lain. Mulai dari sarapan hingga makanan ekstrem bisa ditemui di Manado. Beragam camilannya juga memuaskan selera.

Kuliner Indonesia banyak yang terkenal lezat. Jenisnya dibedakan dari setiap daerah yang tersebar di penjuru negeri.

Karakteristik kuliner di setiap daerah juga memiliki perbedaan. Kalau di Manado, kulinernya banyak berasal dari olahan seafood. Diolah dengan rempah segar dan tanpa santan.

Ada ikan tide panggang yang terkenal sedap dan disajikan dengan dabu-dabu. Ikan woku belanga bercita rasa gurih, pedas, dan asam segar ini mampu membuat penikmatnya tambah nasi.

Baca Juga: 5 Manfaat Bumbu Mie Instan untuk Ayam Goreng hingga Steak

KULINER MANADOKULINER MANADO Foto: Getty Images/iStockphoto/

Jenis ikan yang populer lainnya adalah ikan roa dan cakalang. Keduanya sangat sedap dijadikan campuran sambal dan enak dinikmati bersama nasi hangat. Untuk sambal roa, pas sekali jadi cocolan pisang goreng.

Selain ikan, kuliner Manado juga banyak mengolah daging. Untuk jenisnya tidak banyak menggunakan daging sapi atau kambing.

Biasanya, warga lokal mengolah daging babi dan daging ayam. Daging-dagingan ini biasanya diolah dengan bumbu rica-rica, woku, hingga tinorangsak.

Baca Juga: Penjual Takoyaki Keren Ini Ternyata Lulusan Teknik Mesin

Kuliner ekstrem juga sangat terkenal di Manado. Di sana ada Pasar Tomohon yang terkenal karena menawarkan daging ekstrem. Di antaranya, kamu bisa menemukan kelelawar, tikus hutan, hingga ular.

KULINER MANADOKULINER MANADO Foto: Getty Images/iStockphoto/

Ciri khas masakan Manado itu bercita rasa pedas dan berempah. Aneka bumbu rempah ditambahkan untuk bumbu masakan. Bahkan, ada bumbu khas yang hanya ditemui di Manado, seperti daun kokuru, daun lemon, cabai Manado, dan lainnya.

Selain hidangan beratnya, camilan khas Manado tak kalah populer. Ada panada, es brenebon, klappertaart, kue balapis, bakwan jagung, hingga lalampa.

KULINER MANADOKULINER MANADO Foto: Getty Images/iStockphoto/

Selama satu minggu ini, detikFood akan membahas soal kuliner Manado yang lezat. Kami akan memberikan fakta-fakta menarik, cara membuat kuliner Manado, hingga rekomendasi restoran yang layak dicoba. Jadi, simak terus detikFood ya!

Baca Juga: Air Kelapa Thailand Disebut Paling Enak, Ternyata Ini Sebabnya



Simak Video "Masakan Manado Halal di Serpong Ini Ludes Terjual dalam 3 Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT