ADVERTISEMENT

Pernah Gagal Bisnis, Mantan Chef Ini Akhirnya Sukses Jualan Bakcang

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 08 Agu 2022 15:30 WIB
Pernah Gagal Bisnis, Mantan Chef Ini Akhirnya Sukses Jualan Bakcang
Foto: 8 Days
Jakarta -

Mantan chef hotel bintang lima ini tak pernah menyesali keputusannya. Walaupun sempat gagal ia kembali bangkit berjualan bakcang rumahan.

Masa pandemi diakui menjadi salah satu tantangan terbesar bagi banyak orang. Kejatuhan dan kegagalan banyak terjadi bahkan oleh para pekerja profesional yang tampak menjalani pekerjaan dengan nyaman.

Bidang pariwisata seperti hotel dan restoran menjadi salah satu yang mengalami dampak besar saat pandemi melanda. Salah satunya seorang mantan chef di hotel bintang lima ini yang terpaksa banting stir menjadi pedagang kaki lima.

Walaupun pernah mengisi jabatan sebagai seorang chef, ternyata hal tersebut tidak menjamin keberlangsungan bisnisnya yang lancar. Berkali-kali dirinya mengalami kegagalan hingga kini berhasil bangkit dan memilih bisnis rumahan ini.

Pernah Gagal Bisnis, Mantan Chef Ini Akhirnya Sukses Jualan BakcangBerhenti menjadi chef di hotel bintang lima, wanita ini alih profesi jadi pedagang kaki lima. Foto: 8 Days

Mengutip 8 Days (7/8) Kerene Cheng merupakan seorang wanita yang dahulunya sempat bekerja dengan jabatan chef tertinggi di salah satu hotel bintang lima di Singapura. Sayangnya, saat pandemi melanda dirinya menjadi salah satu yang harus berhenti dari pekerjaannya.

Akhirnya chef Kerene memanfaatkan kemampuannya untuk menjual ci cong fan yang dijajakan pada kedai kaki lima sederhana. Saat awal pembukaan kedainya, ia mendapatkan banyak respon positif termasuk dari para turis yang selalu penasaran dengan ci cong fan buatannya.

Kedai bernama Cheong Fan Paradise miliknya bahkan sempat menyebabkan antrean selama tiga jam akibat pelanggan yang membludak. Sayangnya pada bulan Mei lalu ia memberi kejutan pada pelanggannya dengan menutup kedai ci cong fan tersebut untuk selamanya.

Hal tersebut lantaran Kerene tidak memiliki cukup banyak pekerja yang dapat membantunya menjalani bisnis Cheong Fan Paradise. Tidak menyerah sampai di sana, Kerene ternyata membuka bisnis yang lebih kecil yaitu dengan menjual bakcang khas Kanton rumahan.

Informasi hidangan buatan Kerene tidak membutuhkan waktu lama untuk kembali populer. Salah satu koleganya mengumumkan keberadaan bisnis Kerene lainnya dan membuatnya kembali viral.

Pernah Gagal Bisnis, Mantan Chef Ini Akhirnya Sukses Jualan BakcangDirinya bahkan mampu menjual 800 buah bakcang hanya dalam waktu satu bulan. Foto: 8 Days

"Minggu lalu, ia (Kerene) tiba-tiba penasaran untuk membuat bakcang dan disajikan kepada keluarga serta beberapa teman dekatnya. Termasuk aku salah satu yang mendapat keuntungan atas rasa penasarannya," tulis Larry Lai yang merupakan orang terdekat Kerene.

Unggahan tersebut ternyata mengundang lebih banyak netizen untuk memesan bakcang buatan Kerene. Hingga akhirnya Kerene memutuskan untuk kembali membuka bisnis makanannya yang kini menjual bakcang dengan resep rumahan turun temurun ala keluarganya.

Beberapa menu kembali ditawarkan seperti saat dirinya membuka gerai, termasuk ci cong fan dan bakcang yang dipatok seharga Rp 86.000 untuk 5 buah. Sejak membuka kembali bisnis rumahan di akhir bulan Juni, Kerene telah berhasil menjual hingga 800 buah bakcang hanya dalam satu bulan.

Walaupun mendapat dukungan yang begitu tinggi tetapi Kerene mengaku dirinya belum siap untuk kembali membuka kedai. Hal ini lantaran Kerene mengaku masih kesulitan untuk mendapatkan pekerja yang cocok bekerja bersamanya.

Keputusannya beralih profesi menjadi pedagang kaki lima juga tak pernah disesali oleh chef Kerene. Ia juga mengatakan tidak ada sedikitpun niat untuk kembali bekerja ke restoran atau dapur hotel.



Simak Video "Gordon Ramsay Dihujat soal Aksinya Pilih Domba untuk Disembelih"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT