ADVERTISEMENT

4 Kasus Food Vlogger Santap Spesies Langka, Berakhir Dipenjara!

Sonia Basoni - detikFood
Sabtu, 06 Agu 2022 15:30 WIB
4 Kasus Food Vlogger Santap Spesies Langka, Berakhir Dipenjara!
Foto: Site News
Jakarta -

Demi viral dan populer, banyak food vlogger dan konten kreator rela melakukan apa saja. Beberapa bahkan ada yang mau menyantap hewan langka terancam punah.

Konten makan-makan seperti mukbang atau ASMR memang digemari banyak orang di internet. Selain menyuguhkan visual makanan yang menarik, ekspresi food vlogger yang makan juga membuat penonton jadi lapar.

Tapi terkadang banyak food vlogger yang menggunakan beberapa hewan langka sebagai menu makanan utama mereka. Seperti ikan hiu putih sampai spesies monyet langka yang dilindungi.

Tersebarnya video makan ekstrem ini membuat beberapa food vlogger hingga konten kreator harus berurusan dengan jalur hukum. Bahkan ada yang terancam di penjara.

Berikut kisa food vlogger yang menyantap hewan langka dan terancam dipenjara:

Baca Juga: Ngilu! Wanita Thailand Ini Mukbang Makan Nanas Utuh Digigit Langsung" selengkapnya


1. Makan Monyet Langur

4 Kasus Food Vlogger Santap Spesies Langka, Berakhir Dipenjara!4 Kasus Food Vlogger Santap Spesies Langka, Berakhir Dipenjara! Foto: Site News

Enam pria Vietnam harus diamankan pihak kepolisian setelah menyantap hidangan berbahan monyet. Penahanan ini dilakukan karena monyet yang mereka santap adalah monyet jenis Langur.

Monyet spesies Langur merupakan jenis hewan langka yang terancam punah. Aksi enam pria menyantap daging monyet ini awalnya mereka abadikan lewat fitur live streaming atau tayangan langsung di Facebook.

Kemudian enam pria ini langsung viral di internet. Setelah diidentifikasi, enam pria ini diketahui berusia dari 35 hingga 59 tahun. Mereka sengaja menayangkan video itu di Facebook mereka.

Setelah ditangkap, para tersangka mengaku bahwa mereka tidak berburu mencari monyet langka itu. Mereka membelinya dari pemburu lokal dengan harga sekitar $48 atau (Rp 694.704).

2. Makan Ikan Hiu Putih

4 Kasus Food Vlogger Santap Spesies Langka, Berakhir Dipenjara!4 Kasus Food Vlogger Santap Spesies Langka, Berakhir Dipenjara! Foto: Site News

Tizi adalah influencer, selebgram, sekaligus food vlogger asal China yang terkenal dengan berbagai aksinya menyantap makanan. Tapi baru-baru ini dirinya terlibat masalah karena video makannya yang ditayangkan secara langsung.

Dirinya mengunggah video makan ikan hiu putih yang ia sebut memiliki rasa enak. Di awal video, Tizi membandingkan ukuran bayi ikan hiu putih berukuran besar dengan dirinya. Setelah itu Tizi mulai memanggang bagian buntut ikan dan mencicipi bagian tersebut. Ia bahkan menyebutnya enak dengan ekspresi yang menikmati.

Menanggapi hal ini, pihak kepolisian Nanchong di provinsi Sichuan, China memutuskan untuk mulai menyelidiki kasus video Tizi. Pasalnya ikan hiu putih termasuk ke dalam spesies hewan yang terancam punah. Kasusnya hingga saat ini masih bergulir. Tizi dijatuhi hukuman lima tahun penjara.



Simak Video "Bikin Laper: Icip-icip Lontong Kikil, Rujak Cingur dan Rawon"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT