ADVERTISEMENT

Diciptakan Tahun 1940, Ini Perjalanan Mie Instan Cup Hingga Mendunia

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 06 Agu 2022 15:00 WIB
Diciptakan Tahun 1940, Ini Perjalanan Mie Instan Cup Hingga Mendunia
Foto: Cracked

4. Ando Hijrah ke Amerika

Pada tahun 1966, Ando mulai mengembangkan bisnisnya dengan hijrah ke Amerika Serikat dan membawa kreasi makanannya ini pertama kali keluar dari Jepang. Disambut dengan baik, tepat ketika Ando membawa ramen penduduk Amerika Serikat ternyata sedang begitu penasaran dengan ramen khas Jepang.

Ando melakukan banyak perjalanan untuk menyesuaikan produknya dengan kebiasaan orang-orang di Amerika Serikat. Hingga akhirnya ia menemukan fakta bahwa penggunaan mangkuk dan sumpit bukan hal yang lumrah dan dirinya harus mencari akal untuk membuat calon pelanggannya makan dengan nyaman.

Penuh pertimbangan, Ando akhirnya mulai menyusun produk Cup Noodles yang menggunakan wadah berupa cangkir dengan bantuan alat makan berupa garpu lipat. Produk ini diharapkan dapat memudahkan penduduk Amerika Serikat yang bahkan untuk membuatnya hanya membutuhkan air panas saja.

5. Mie Instan Cup Pertama Kali Dibuat

Diciptakan Tahun 1940, Ini Perjalanan Mie Instan Cup Hingga MenduniaSetelah eksperimen yang panjang, Ando akhirnya menemukan konsep mie instan cup yang lebih ringkas. Foto: Cracked

Setelah beberapa tahun melalui proses pengembangan, Ando bahkan sempat mengadakan rapat dengan pihak supermarket untuk mendapatkan kemasan yang tepat. Pertama-tama Ando menggunakan wadah tahan panas tetapi tidak bisa digunakan dalam microwave.

Sayangnya, Ando kembali menemukan kesulitan lain yang merusak idenya untuk menciptakan makanan yang murah, ringkas dan sederhana. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat wadah mie instan itu ternyata lebih mahal.

Ando kembali dikalahkan dengan biaya produksi yang membuatnya harus menaikkan harga jual untuk menyesuaikan dengan ongkos produksinya. Tetapi Ando tak mau menyerah, dirinya masih meneruskan semangatnya dan mencari berbagai jalan untuk menyajikan mie instan yang murah.

6. Pabrik Mie Cup Pertama di Amerika Serikat

Setelah perjalanan panjang, Ando berhasil mendirikan pabrik pertama di luar Jepang pada tahun 1972 di Gardena, California, Amerika Serikat. Tetapi persaingan dari mie instan asal Amerika bernama 'Top Ramen' masih terlalu kuat karena begitu dekat dengan mahasiswa.

Kata 'ramen' di Amerika Serikat ternyata juga masih melekat dengan mie kemasan yang cara mematangkannya harus dibuka bungkusnya dan dimasak. Lambat laun, produk mie instan cup buatan Ando mulai dikenal dan diminati.

Keberhasilan Ando di Amerika Serikat ini menjadi pembuka jalan baginya untuk melebarkan sayap dan meraih negara lain. Popularitas mie cup instan buatan Ando ini ternyata menjadi inspirasi bagi produsen lain yang ikut memasarkan mie cup hingga popularitasnya setinggi sekarang.


(dfl/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT