ADVERTISEMENT

Mau Ikut Maraton? Konsumsi Makanan Ini agar Stamina Terjaga

Atta Kharisma - detikFood
Jumat, 05 Agu 2022 08:42 WIB
Makanan Jaga Stamina
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Apa saja yang perlu dilakukan sebelum melakukan olahraga? Tentunya melakukan pemanasan dan memastikan kesiapan fisik, termasuk mengonsumsi sejumlah makanan yang bernutrisi.

Makanan menjadi salah satu faktor penting yang dapat menunjang stamina, misalnya saja buah-buahan. Selain bernutrisi, mengonsumsi buah-buahan jenis tertentu ternyata juga bisa meningkatkan stamina serta memaksimalkan tenaga saat berlari.

Penasaran apa saja? Dilansir dari berbagai sumber, berikut makanan bergizi yang dapat meningkatkan stamina dan tenaga kamu sebelum berlari.

1. Pisang

Buah yang identik dengan warna kuning ini memiliki banyak manfaat bagi kamu yang suka olahraga lari. Pisang mengandung karbohidrat yang berperan sebagai sumber energi.

Tak hanya itu, pisang juga kaya akan potasium yang dapat membantu otot berkontraksi, mengoptimalkan fungsi saraf, melancarkan transfer nutrisi ke dalam dan ke luar sel, menjaga detak jantung tetap normal hingga mengatur kadar natrium dalam tubuh.

2. Beri

Otot-otot tubuh yang terbentuk dengan baik tentunya akan membantu meningkatkan performa saat berlari. Salah satu nutrisi yang diperlukan untuk pembentukan otot adalah protein, dan itu bisa didapatkan dari buah beri.

Raspberry, cranberry, blueberry, blackberry hingga strawberry tidak hanya bermanfaat sebagai sumber protein, tapi juga dapat melindungi tubuh kamu dari nyeri otot serta meningkatkan mood dan mobilitas saat bergerak.

3. Jeruk

Lari merupakan olahraga berat yang berpotensi mencederai otot. Untuk mencegah hal tersebut, mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C, seperti jeruk, dapat membantu mempercepat proses pemulihan otot dan mengurangi risiko cedera.

Selain itu, vitamin C yang ada dalam jeruk membantu penyerapan zat besi dalam tubuh, sehingga membuat pelari terlindung dari risiko anemia.

4. Oatmeal

Salah satu menu sarapan terbaik sebelum berlari adalah oatmeal. Bahkan, banyak pelari profesional yang cenderung mengkonsumsi oatmeal sebelum mengikuti pertandingan atau marathon.

Ini karena oatmeal mengandung karbohidrat kompleks yang lama tercerna di lambung, membuat perut akan merasa kenyang untuk waktu yang cukup lama. Bukan cuma itu saja, oatmeal juga mengandung serat dan nutrisi lain yang menunjang tubuh dalam beraktivitas. Kombinasi semua nutrisi tersebut akan membantu kamu lebih kuat dan lebih tahan lama saat berlari.

5. Roti

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, karbohidrat merupakan salah satu nutrisi penting yang perlu dikonsumsi sebelum berlari. Selain pisang dan oatmeal, kamu juga bisa dengan praktis memperoleh asupan karbohidrat dari roti.

Jenis roti terbaik untuk dikonsumsi sebelum berlari adalah white bread atau roti tawar. Karena, roti jenis ini dapat dengan cepat dicerna oleh tubuh dan memberikan asupan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh dalam waktu singkat.

Nah, itu tadi beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi sebelum berlari. Selain bermanfaat bagi kesehatan, makanan-makanan tersebut terbukti dapat meningkatkan tenaga dan stamina saat berlari. Jadi jangan sampai kamu melewatkan makanan-makanan tersebut ya.

Berbicara soal lari, Bank Mandiri akan menggelar Mandiri Jogja Marathon, sebuah persembahan khusus bagi para pecinta olahraga lari pada 14 Agustus 2022 mendatang. Bekerja sama dengan Pandara Sports, Bank Mandiri menghadirkan beberapa rute lomba, mulai dari rute 5K, 10K, Half Marathon (21Km) hingga Marathon (42.195Km).

Yuk runners, catat tanggalnya dan ikuti gelaran istimewa ini ya! Informasi lebih lanjut bisa kamu akses di sini.



Simak Video "Keseruan Lomba Maraton di Gedung Pencakar Langit Korsel"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT