ADVERTISEMENT

Jual Tahu Busuk yang Menyengat Aromanya, Penjual Ini Diprotes Warga

Sonia Basoni - detikFood
Kamis, 04 Agu 2022 15:00 WIB
Jual Tahu Busuk yang Menyengat Aromanya, Penjual Ini Diprotes Warga
Foto: Site News
Jakarta -

Jualan makanan aneh di bazaar makanan, yang mengeluarkan aroma tak sedap. Membuat penjual ini diprotes warga karena aroma dari makanan yang dijualnya.

Jika di Indonesia ada pasar malam atau festival kuliner, di Malaysia dan Singapura nama ini dikenal dengan nama bazaar makanan. Banyak penjual yang berjualan di pasar dadakan ini.

Salah satunya gerai stinky tofu atau tahu yang memiliki aroma menyengat. Gerai dengan nama Man Kou Xiang, yang berjualan di Hougang Night Bazaar, Singapura viral karena komplain dari warga.

Dilansir dari AsiaOne (03/08), bazaar atau pasar malam yang buka sejak tanggal 21 Juli mendatang tersebut sudah mendapatkan banyak komplain, dari warga sekitar hingga dari gerai penjual makanan lainnya.

Baca Juga: Bau Busuk! Wanita Ini Dapat 'Bonus' Kotoran Sapi Saat Beli Sup Jeroan" selengkapnya

Man Kou Xiang disebut menyebabkan area bazaar menjadi bau tak sedap karena jualannya. Man Kou Xiang memang menjual stinky tofu, jajanan khas Taiwan yang dibuat dari tahu berfermentasi.

Banyak orang yang mendeskripsikan aromanya seperti kaus kaki basah hingga keju tua yang menyenngat. Meski kontroversial, di Taiwan sendiri stinky tofu jadi jajanan ikonik.

Jual Tahu Busuk yang Menyengat Aromanya, Penjual Ini Diprotes WargaJual Tahu Busuk yang Menyengat Aromanya, Penjual Ini Diprotes Warga Foto: Site News


Namun di Singapura sendiri orang-orang belum terbiasa. Sehingga laporan tentang komplain warga terus bermasukkan. Seperti warga bernama Yang, yang tinggal 300 meter dari lokasi bazaar, menyebutkan bahwa aroma tahu busuk itu sudah sampai ke ruang tamu hingga dapurnya.

Karenanya ia terpaksa menutup jendelanya dari jam 11 siang hingga jam 11 malam setiap harinya. Dia juga selalu memasang lilin beraroma untuk menghilangkan bau.

Begitu juga dengan penghuni lainnya yang mengira aroma busuk ini datang dari bangkai hewan. Sehingga dirinya harus tidur dengan AC, karena jendelannya harus ditutup.

Jual Tahu Busuk yang Menyengat Aromanya, Penjual Ini Diprotes WargaJual Tahu Busuk yang Menyengat Aromanya, Penjual Ini Diprotes Warga Foto: Site News

Menanggapi komplain ini sang pengelola bazaar, Wayne Lim menyebut bahwa diriya sudah tau dengan komplain yang diajukan warga. Tapi ia juga tidak menyalahkan penjual tahu busuk, karena memilih tahu busuk untuk berjualan di bazaarnya menumbuhkan keberagaman makanan di sana.

"Ketika kita pergi ke pasar malam di Taiwan, selalu ada stinky tofu. Kami ingin orang-orang menikmatinya di sini, jadi orang-orang yang tidak bisa ke luar negeri masih bisa menikmati tahu busuk ini di bazaar kita," ungkap Lim.

Di akhir kesempatan Lim bilang bahwa ada banyak jenis pengunjung dan orang-orang yang berada di sekitar bazaar. Sehingga mereka tidak bisa selalu membuat semua orang senang.

Ia pun sudah memasang pipa exhaust di gerai tersebut untuk membantu mengurangi aroma tak sedapnya.

Baca Juga: Meski Tahu Ini Beraroma Busuk, Kudapan Taiwan Ini Justru Diburu Orang" selengkapnya



Simak Video "Bikin Laper: Icip-icip Lontong Kikil, Rujak Cingur dan Rawon"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT